Cara Melihat Cahaya Sensor Kedip Face ID pada iPhone & iPad

Ada beberapa pertanyaan yang saya temukan yang mempertanyakan, kenapa Face ID mereka tidak terlihat menyala ( mengeluarkan cahaya / flash / kilat sensor ) sama seperti video yang mereka lihat di YouTube misalnya?


Pertama-tama saya ingin sedikit menjelaskan, di mulai dari iPhone X hingga iPhone terbarunya saat ini, Apple menggunakan teknologi Face ID atau Pemindai Wajah sebagai pengganti Sidik Jari Touch ID untuk keamanan iPhone dan iPad. Teknologi Face ID ini menggunakan cahaya Infrared untuk memindai wajah kalian. Dan Infrared inilah cahaya merah yang sering kalian lihat berkedip saat Face ID pada iPhone sedang bekerja.

Cahaya Infrared yang digunakan iPhone sangat sulit terlihat oleh mata, dalam situasi tertentu cahaya infrared ini bisa kalian lihat pada kondisi ruangan yang cukup gelap. Namun ada trik yang dapat kalian gunakan untuk melihat cahaya infrared pada face id secara jelas, seperti video-video yang kalian lihat.

Trik Melihat Kedipan Sensor Infrared Pada Face ID

Mudah sekali, mata kita memang sulit melihat sensor cahaya infrared pada face id iPhone, namun hal ini tidak berlaku untuk Kamera. Ya, sensor kamera dapat menangkap sensor cahaya infrared pada face id dengan sangat mudah. Maka dari itu tidak heran jika banyak video di luar sana yang menunjukkan sensor kedipan face id pada iPhone, hal ini tidak lain dan tidak bukan karena kamera yang dapat menangkap sensor tersebut.

Jadi triknya mudah sekali, silahkan buka kamera pada smartphone lainnya ( bebas yang penting kamera ). Kemudian arahkan kamera ke iPhone kalian, jika sudah coba nyalakan iPhone dan lihat hasilnya! kamera akan menangkap cahaya kedipan sensor infrared yang dihasilkan oleh Face ID.


Menurut beberapa pengguna, kedipan Infrared Face ID ini bisa juga kalian lihat saat kondisi ruangan sedang gelap, namun begitu hal tersebut bukanlah hal yang mudah.

Bagaimana apakah kalian sudah bisa melihat cahaya infrared yang keluar dari Face ID? tinggalkan komentar dan pendapat kalian pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!