Cara Memperbaiki Mikrofon iPhone Tidak Berfungsi

Tidak sedikit pengguna iPhone yang mengalami masalah pada Mikrofon, misalnya saja saat sedang melakukan panggilan, suara kalian terdengar tidak jelas bahkan sama sekali tidak terdengar. Jika kalian mengalami masalah tersebut ada kemungkinan Mikorofon kalian mengalami masalah. Dan masalah ini bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa karena software ( bug, hang, error ) ataupun hardware ( komponen mikrofon itu sendiri ).


Pada postingan kali ini admin akan membagikan beberapa cara yang dapat kalian gunakan untuk memperbaiki mikrofon iPhone yang tidak berfungsi. Sebelum melanjutkan ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu letak-letak lubang port mikrofon pada iPhone.

iPhone 8 atau lebih baru memiliki 3 buah port mikrofon yang terletak pada bagian :

  • Depan ( dekat earpiece ) : Fungsi utamanya untuk merekam video selfie agar terdengar lebih jelas
  • Belakang ( dekat kamera ) : Untuk merekam suara saat menggunakan kamera belakang
  • Bawah ( dekat speaker ) : Untuk merekam suara saat sedang dalam percakapan telepon

Sedangkan iPhone 7 atau lebih lama hanya memiliki 2 buah port mikrofon yang terletak dibagian belakang dan bagian bawah. Baik kalau begitu langsung saja berikut cara Memperbaiki Mikrofon iPhone Yang Tidak Berfungsi :

Restart iPhone

Pertama bagi yang mikrofonnya tiba-tiba tidak bisa berfungsi, cara pertama yang kalian dapat kalian lakukan adalah dengan merestart iPhone. Caranya mudah silahkan matikan iPhone sekitar 30 detik, kemudian nyalakan kembali. Apabila iPhone tidak merespon sentuhan, kalian bisa melakukan force restart pada iPhone. Caranya :

> iPhone 8, X dan lebih baru : tekan volume atas kemudian lepas, kemudian volume bawah kemudian lepas, terakhir tekan dan tahan terus tombol power hingga iPhone restart

> iPhone 7 dan 7 Plus : tekan dan tahan tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan hingga iPhone restart

> iPhone SE, 6S dan lebih lama : tekan dan tahan tombol power dan home secara bersamaan hingga iPhone restart

Putuskan Sambungan Audio

Apabila iPhone kalian terhubung ke speaker, earphone, headphone dsb, kemungkinan besar mikrofon pada iPhone kalian dialihkan ke mikrofon pada sambungan audio tersebut, silahkan di copot terlebih dahulu dan coba kembali. Bila belum berhasil juga coba matikan sambungan Bluetooth pada iPhone kalian dan coba kembali.


Pastikan Sudah Mengizinkan Aplikasi Menggunakan Mikrofon

Apabila mikrofon tidak dapat digunakan hanya pada salah satu aplikasi atau games, kemungkinan besar kalian tidak mengizinkan aplikasi atau games tersebut untuk mengakses mikrofon. Untuk memperbaiki masalah ini cukup mudah, silahkan masuk ke Pengaturan > Privasi > Mikrofon dan pastikan aplikasi yang menyala sudah diizinkan mengakses mikrofon.


Coba Matikan Fitur Peredam Kebisingan Telepon ( Noise Cancellation )

Secara bawaan fitur Peredam Kebisingan Telepon pada iPhone dalam keadaan aktif, fitur ini sangat berguna untuk meredam suara berisik dari luar yang bisa mengganggu percakapan telepon kalian. Namun dalam kasus tertentu mematikan fitur ini dapat memperbaiki suara mikrofon yang tidak jelas atau bahkan tidak mau menyala sama sekali, caranya silahkan masuk ke Pengaturan > Aksesibilitas > Audio/Visual kemudian matikan Peredam Kebisingan Telepon.


Apabila tidak membuahkan hasil kalian bisa menyalakan kembali menu tersebut dan melanjutkan cara dibawah berikut.

Cek Apakah Lubang Mikorofon Tertutup Case?

Salah satu masalah yang mungkin tidak sengaja terjadi dimana lubang mikrofon ternyata tertutup oleh case. Coba buka case pada iPhone kalian kemudian coba kembali.

Bersihkan Lubang Port Mikrofon 

Cara ini dapat kalian terapkan terkhusus untuk yang mikrofonnya mengeluarkan suara yang tidak jelas. Caranya mudah, siapkan kuas kecil dan halus atau bisa juga menggunakan sikat gigi yang halus. Kemudian bersihkan lubang port mikorofon secara perlahan-lahan dari kotoran yang menumpuk ( debu ). Atau kalian juga bisa menggunakan kompresor peniup angin, namun perhatikan tekanan udarannya agar tidak merusak iPhone.


Reset Pengaturan iPhone

Selanjutnya kalian bisa mereset atau mengatur ulang pengaturan iPhone kalian ke pengaturan pabrik. Namun perlu diketahui, cara ini tidak akan menghapus data apapun pada iPhone kalian. Caranya silahkan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.


Update ke iOS Versi Terbaru

Bila cara-cara diatas tidak juga membuahkan hasil, coba update iOS kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini. Sebelum itu pastikan kalian menyiapkan koneksi wi-fi yang kencang dan daya baterai minimal 50%. Jika sudah silahkan download dan install pembaruan iOS pada aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.


Bug Pada Aplikasi / Games

Hal ini berlaku bagi yang mikrofonnya tidak bekerja pada salah satu aplikasi atau games saja. Jika ya, kemungkinan aplikasi atau games tersebut bermasalah, untuk mengatasi masalah ini silahkan hapus aplikasi tersebut kemudian install kembali.

Bagaimana apakah cara-cara diatas sudah berhasil membuat mikrofon pada iPhone kalian kembali bekerja? jika ya selamat! jika belum ada kemungkinan besar komponen mikrofon pada iPhone kalian sendirilah yang bermasalah, untuk mengatasi masalah ini sangat disarankan untuk membawa iPhone kalian ke service center Apple authorized di Indonesia atau ke tempat service iPhone yang sudah terpercaya.

Baik sekian informasi cara memperbaiki mikrofon iPhone yang tidak berfungsi, tidak menyala, mati total, tidak jelas dan lain sebagainya. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!