Cara Mengatasi iPhone Tidak Dapat Mengirim Mail

Email adalah salah satu media yang biasa kita gunakan untuk mengirim pesan sampai berbagai macam file ( dokumen, foto, audio dan lain sebagainya ). Namun terkadang mengirim email di iPhone tidak selalu berjalan mulus, ada beberapa pengguna yang mendapatkan pesan peringatan " iPhone Tidak Dapat Mengirim Mail " saat ingin mengirimkan email.


Apabila kalian adalah salah satu pengguna yang mengalami error tersebut saat ingin mengirimkan email, tenang saja pada postingan kali ini admin akan membagikan beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara dibawah berikut.

Catatan : Email yang tidak terkirim akan tersimpan pada folder OutBox dalam aplikasi Mail

Restart Jaringan

Pesan peringatan iPhone yang tidak dapat mengirim email dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah kualitas jaringan yang buruk. Coba restart jaringan pada iPhone kalian dengan cara menyalakan Mode Pesawat kemudian mematikannya kembali. Jika sudah coba kirimkan kembali emailnya.

Tutup Aplikasi Mail

Kedua kalian bisa menutup aplikasi Mail kemudian membukannya kembali, jika sudah silahkan coba kembali.

Restart iPhone

Bila cara diatas tidak juga membuahkan hasil, coba restart iPhone kalian. Sederhananya silahkan matikan iPhone beberapa saat kemudian nyalakan kembali.

Gunakan Jaringan Internet Lainnya

Ya, cara selanjutnya coba gunakan jaringan internet lainnya yang tersedia, apabila berhasil kemungkinan besar sedang ada masalah dengan jaringan internet yang sebelumnya.

Cek Kembali Email Yang Akan Dikirim

Apabila kalian berencana mengirimkan file dengan ukuran besar dan banyak melalui Email. Pertimbangkan untuk membatalkannya dan menggunakan layanan drive atau mengirimkannya satu-per-satu, sebab hampir semua layanan email memiliki batasan untuk ukuran file yang dapat dikirimkan.

Login Ulang Akun Email

Cara-cara diatas tidak juga membuahkan hasil? coba logout kemudian login ulang akun email kalian, caranya silahkan buka aplikasi Pengaturan > Kata Sandi & Akun > Email Yang Bermasalah kemudian pilih Hapus Akun. Jika sudah untuk menambahkan / login kembali email tersebut silahkan tap menu Tambah Akun kemudian masukkan kembali informasi email kalian.

Reset Pengaturan iPhone

Selanjutnya kalian bisa coba restart pengaturan pada iPhone kalian, cara ini akan mengembalikan seluruh pengaturan pada aplikasi pengaturan tanpa menghapus data. Caranya mudah silahkan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.

Update ke iOS Versi Terbaru

Belum berhasil juga? coba update iOS kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini, caranya silahkan masuk ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Gunakan Aplikasi Email Pihak Ketiga

Ya, salah satu cara ampuh yang dapat kalian gunakan sementara adalah dengan menggunakan aplikasi yang sudah disediakan oleh layanan email yang kalian gunakan di App Store. Seperti contoh aplikasi Gmail atau Yahoo.

Layanan Email Sedang Bermasalah

Terakhir ada kemungkinan layanan email yang kalian gunakan sedang bermasalah atau down, pastikan dengan mencobanya pada perangkat lain seperti di komputer atau smartphone lainnya.

Baik itu saja cara-cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi pesan email di iPhone tidak dapat dikirim. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!