Cara Membedakan Earphone iPhone Asli atau Palsu Dengan Senter Flash

Ketika pertama kali kita membeli earphone asli Apple ataupun yang dipaketkan bersama iPhone yang baru saja dibeli (khususnya iPhone second). Tidak jarang kita meragukan kualitas dan keaslian dari aksesoris earphone tersebut.

Nah, ada satu cara sederhana yang dapat kalian lakukan untuk mengetahui dengan cukup akurat apakah earphone tersebut asli atau palsu.


Hanya dengan menggunakan cahaya dari senter flash pada iPhone kalian dapat membedakan secara sederhana antara earphone yang asli dan yang palsu. Terdengar cukup aneh namun cara ini sebenarnya cukup ampuh lho.

Bagaimana tertarik? kalau begitu langsung saja ikuti caranya berikut ini.

Cara Membedakan Earphone iPhone Asli atau Palsu Menggunakan Senter/Flash

Sebelumnya perlu diketahui earphone asli dari Apple memiliki kualitas bahan material yang sangat baik, termasuk material yang digunakan pada bodinya. Sedangkan pada earphone palsu menggunakan material plastik yang lebih rendah dan tipis.

1. Silakan nyalakan senter atau flash pada iPhone

2. Kemudian tempelkan earphone langsung ke senter flash yang menyala, contohnya seperti gambar di bawah berikut

3. Apabila cahaya pada flash berhasil menembus bodi earphone, kemungkinan besar 99.99% earphone iPhone kalian tidak ori, oem atau kw (gambar kiri). Sedangkan apabila cahaya flash tidak menembus bodi earphone kemungkinan besar 99.99% earphone kalian asli dan original (gambar kanan).


Gambar kiri tembus (99% kemungkinan palsu) gambar kanan tidak tembus (99% kemungkinan asli)

Seperti yang tadi sudah admin jelaskan, 99% earphone iPhone palsu, kw, oem atau replika memiliki build quality (material) yang tidak sebaik yang asli, dan hal ini bisa kalian buktikan sendiri saat menyorotkan secara langsung cahaya flash pada earphone palsu tersebut yang berakhir dengan cahaya yang tembus. Sedangkan untuk yang original dengan kualitas material yang baik cahaya tidak akan tembus.

Bagaimana menurut kalian? meskipun begitu cara di atas bisa jadi tidak 100% akurat ya.. terutama apabila kualitas earphone KW juga menggunakan material yang tebal.

Memang susah-susah gampang membedakan earphone asli dan kw. Maka dari itu disarankan untuk membeli earphone iPhone langsung dari authorized apple store di Indonesia atau toko yang sudah terpercaya dengan review dan reputasi yang baik.

Oke sekian trik membedakan earphone/headset iPhone antara yang asli dan yang palsu. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah. Terima Kasih!