Cara Melacak iPhone yang Hilang dalam Keadaan Mati / Offline

Apabila iPhone, iPad atau iPod touch kalian menghilang dan aplikasi Find My iPhone ( Lacak ) tidak dapat menemukannya, kemungkinan besar iPhone kalian sedang dalam keadaan mati atau offline. Lalu bagaimana solusi untuk menemukan iPhone tersebut? apakah iPhone dalam keadaan mati atau offline dapat di lacak dan di cari kebaradaannya?


Sebelumnya perlu diketahui bahwa aplikasi Lacak tentu saja tidak dapat melacak iPhone dalam keadaan mati / offline. Tetapi tidak perlu khawatir kalian tetap bisa menemukan iPhone tersebut dengan mengaktifkan fitur Beri tahu saya jika ditemukan ( Notify me when found ) dan juga mengaktifkan Mode Hilang. Dengan mengaktifkan kedua mode tersebut ada harapan besar bahwa iPhone kalian akan ditemukan kembali.

Untuk menyalakan kedua mode tersebut silahkan ikuti cara berikut ini ( baca baik-baik ).

#1 : Login akun iCloud kalian di komputer, caranya silahkan buka Link berikut : https://www.icloud.com/

Atau jika kalian memiliki perangkat Apple lainnya yang terhubung ke akun iCloud yang sama dengan iPhone yang hilang, kalian bisa langsung membuka aplikasi Lacak ( Find my iPhone ).

#2 : Setelah itu silahkan pilih menu Cari iPhone ( atau tap Perangkat khusus pengguna aplikasi Lacak )

#3 : Kemudian pilih menu iPhone kalian yang sedang dalam keadaan Offline


#4 : Kemudian nyalakan menu Beri Tahu Saat Ditemukan atau Beri tahu saya jika ditemukan

#5 : Jika sudah silahkan pilih lagi menu Mode Hilang atau Tandai Sebagai Hilang


*catatan fungsi menu :

  • Beri tahu saya jika ditemukan : Apple akan memberi tahu kalian apabila iPhone ditemukan dan mengirim lokasi terakhirnya
  • Putar Bunyi : Berfungsi untuk memainkan bunyi yang keras pada iPhone
  • Hapus iPhone : Hindari menu ini, sebab iPhone akan di hapus dari akun iCloud dan kalian tidak akan pernah menemukannya lagi

#6 : Setelah itu kalian bisa memasukkan nomor telepon kalian, fungsinya apabila seseorang menemukan iPhone kalain mereka bisa menghubungi nomor yang sudah kalian cantumkan tersebut.


#7 : Jika sudah tap menu Berikutnya lalu masukkan keterangan tambahan yang akan kalian sampaikan apabila seseorang menemukan iPhone tersebut.


Ingat masukkan kata-kata yang sopan agar si penemu berbesar hati memberikan iPhone kalian kembali, bila perlu kalian bisa memberikan sedikit imbalan ( uang ) untuk membujuk si penemu.

#8 : Jika sudah pilih Selesai.

Apa yang Harus Saya Lakukan Sekarang?

Jika sudah sekarang yang dapat kalian lakukan adalah menunggu iPhone tersebut kembali menyala dan terhubung ke jaringan internet. Jika memang sudah, nantinya iPhone tersebut akan mengirimkan notifikasi agar kalian bisa melacak keberadaannya atau setidaknya mengirimkan lokasi terakhirnya.

Pemberitahuan akan di kirimkan ke email yang digunakan oleh akun iCloud kalian, atau ke aplikasi Lacak jika kalian menggunakan dua buah perangkat Apple dalam satu akun iCloud.

Yang selanjutnya kalian juga bisa berharap agar si penemu membaca pesan yang kalian kirimkan melalui cara diatas tadi kemudian menghubungi kalian untuk mengembalikan iPhone tersebut. Berikut adalah contoh tampilan yang nantinya akan diterima si penemu.

yang ditunjukkan panah pada gambar diatas adalah nomor telepon yang kalian masukkan

Untuk keamanan apabila si penemu bersedia bertemu dengan kalian, pastikan untuk cari waktu dan tempat yang pas misalnya dalam keramaian. Atau admin sendiri sangat menyarankan agar kalian mengajak teman, saudara atau siapapun untuk menemani kalian. Tujuannya tentu saja untuk keamanan ekstra ya apalagi jika kalian seorang perempuan.

Bagaimana Jika Sudah Ditemukan?

Yey, selamat! sekarang kalian bisa Menonaktifkan Mode Hilang dari akun iCloud kalian, caranya :

#1 : Sema seperti diatas, pertama Login akun iCloud kalian di komputer, caranya silahkan buka Link berikut : https://www.icloud.com/

Atau jika kalian memiliki perangkat Apple lainnya yang terhubung ke akun iCloud yang sama dengan iPhone yang hilang, kalian bisa langsung membuka aplikasi Lacak ( Find my iPhone ).

#2 : Setelah itu silahkan pilih menu Cari iPhone ( atau tap Perangkat khusus pengguna aplikasi Lacak )

#3 : Kemudian pilih menu iPhone kalian yang sedang dalam keadaan Mode Hilang

#4 : Lalu pilih menu Hentikan Mode Hilang, atau khusus pengguna aplikasi Lacak tap menu Diaktifkan lalu pilih Matikan Tandai Sebagai Hilang

khusus yang mengakses iCloud di komputer atau iPad

khusus yang menggunakan app Lacak


#5 : Jika sudah sekarang iPhone kalian sudah kembali aktif dan dapat digunakan seperti biasa kembali.

Bagi yang iPhonenya belum ditemukan semoga cepat ditemukan ya.. Baik sekian informasi cara mencari dan melacak iPhone, iPad atau iPod touch yang hilang dalam keadaan mati / offline. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!