Cara Install Firewall di iOS iPhone dan iPad dengan App Firewall

Firewall merupakan salah satu aplikasi atau sistem keamanan yang digunakan untuk mengawasi dan mengontrol data jaringan yang keluar dan masuk. Peran Firewall sangatlah penting untuk menjaga keamanan internet, seperti mencegah akses penyusup alias hacker, memblokir dan membatasi sambungan jaringan konten atau aplikasi tertentu hingga menjamin jaringan data yang akan diterima oleh sistem aman.


Nah bagi kalian pengguna iOS iPhone, iPod touch dan iPadOS iPad, pada postingan kali ini admin akan membagikan cara menginstall Firewall di perangkat kalian. Memang bisa? bisa dong, namun cara yang akan admin bagikan ini memiliki syarat perangkat yang sudah di Jailbreak, jika perangkat kalian belum di jailbreak dan tertarik silahkan cek pada kategori jailbreak melalui link berikut : Jailbreaking iOS

Baik jika perangkat kalian sudah di jailbreak langsung saja, disini kita akan menginstall tweak / program App Firewall. Tweak ini berfungsi untuk mengontrol (memblokir atau mengizinkan) permintaan jaringan yang keluar atau masuk oleh Aplikasi, jadi kalian bisa memilih sendiri apakah akan mengizinkan sambungan ke server tertentu yang akan di minta oleh aplikasi atau tidak.

Kalau begitu langsung saja ikuti cara berikut untuk menginstall tweak App Firewall (gratis - saat postingan ini ditulis app firewall sudah support iOS 10 hingga iOS 13 dan kemungkinan akan diupdate menyusul ketersediaan jailbreak pada iOS terbaru). Penting sebelum melanjutkan do it at your own risk!

Cara Install Firewall di iPhone, iPad dan iPod touch (jailbreak only)

#1 : Buka aplikasi manajemen jailbreak di iPhone kalian, contohnya Cydia atau Sileo

#2 : Kemudian pada menu Search / Pencarian silahkan cari dan pilih tweak App Firewall


#3 : Selanjutnya silahkan tap Install > Confirm lalu Restart Springboard (jika diminta)

#4 : Jika sudah buka aplikasi Pengaturan lalu pilih menu AppFirewall dan pastikan kalian telah mengaktifkan tweak AppFirewall (Firewall Enabled)

#5 : Sekarang kembali ke layar depan dan buka aplikasi yang kalian inginkan

#6 : Secara otomatis permintaan jaringan oleh aplikasi akan terlebih dahulu meminta izin pada kalian, contohnya seperti pada gambar berikut.


#7 : Pilih Block untuk menolak sambungan yang diminta oleh aplikasi atau Allow untuk mengizinkan

#8 : Jika sudah kalian bisa mengatur izin seluruh permintaan sambungan oleh aplikasi tersebut melalui menu Pengaturan > App Firewall lalu pada menu USER APPS silahkan pilih aplikasi yang baru saja kalian buka


#9 : Selanjutnya silahkan atur sendiri ingin mengizinkan koneksi sambungan apa saja atau ingin memblokir atau mengizinkan sambungan secara keseluruhan.


Ingin Block Koneksi Aplikasi secara keseluruhan? Silahkan tap pada menu Show all apps below, kalian juga bisa melakukannya pada aplikasi sistem (enable system app firewall) meski tidak disarankan.

Sebagai catatan : apabila firewall terasa tidak aktif, silahkan lakukan respring menggunakan menu Respring/Reload yang sudah tersedia pada menu App Firewall.

Bagaimana gampang kan? dengan begini kalian bisa mengatur aplikasi mana saja yang akan diizinkan untuk mengakses sambungan tertentu dan mana saja yang tidak diizinkan. Efek penggunaanya tentu saja tergantung keinginan kalian sendiri.

Baik itu dulu cara menginstall Firewall di iOS / iPadOS iPhone dan iPad, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih!