Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp di iPhone hanya Muncul saat Aplikasi Dibuka

Normalnya saat pesan WhatsApp dikirimkan, maka si penerima pesan tidak lama setelahnya langsung segera menerima notifikasi bahwa ada pesan baru yang muncul. Namun apa jadinya jika notifikasi atau pesan chat masuk pada aplikasi WhatsApp di iPhone kalian hanya muncul ketika aplikasi WhatsApp dibuka?


Tidak perlu khawatir, pada postingan kali ini admin akan membagikan beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasinya. Kemungkinan masalah ini disebabkan oleh kesalahan pengaturan notifikasi atau bug pada aplikasi maupun dari sistem iOS itu sendiri. Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara memperbaikinya berikut ini.

Cara Mengatasi Notifikasi Pesan WhatsApp di iPhone hanya Muncul saat Aplikasi Dibuka

1. Cek Pengaturan Notifikasi aplikasi WhatsApp

Pertama, cek apakah akses notifikasi aplikasi WhatsApp diizinkan atau malah dinonaktifkan, caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Pemberitahuan > WhatsApp, jika sudah pastikan Izin Pemberitahuan dan menu Peringatan sudah diaktifkan seluruhnya, contohnya bisa kalian ikuti pengaturan pada gambar di bawah berikut


Jika sudah sekarang buka aplikasi WhatsApp lalu masuk ke menu Pengaturan > Pemberitahuan lalu pastikan seluruh menu Tampilkan Pemberitahuan sudah diaktifkan, jika ragu kalian bisa tap menu Atur Ulang Pengaturan Pemberitahuan.


Apabila langkah-langkah di atas sudah dilakukan, sekarang coba cek kembali hasilnya.

2. Restart iPhone

Yang kedua, kalian bisa coba merestart iPhone kalian dengan cara dimatikan lalu setelah beberapa detik silakan nyalakan kembali, jika sudah coba lihat hasilnya. Jika cara ini berhasil kemungkinan iOS pada iPhone kalian mengalami Bug sehingga aplikasi WhatsApp tidak dapat berjalan dengan baik, untuk mencegah hal serupa kalian bisa mengikuti cara ke #3 dibawah berikut.

3. Update aplikasi WhatsApp

Apabila cara kedua dan ketiga tidak membuahkan hasil juga, kalian bisa coba mengupdate aplikasi WhatsApp ke versi terbaru yang tersedia saat ini, caranya silakan buka aplikasi App Store kemudian tap pada icon akun kalian (dipojok kanan atas), jika sudah seret ke arah bawah pada sembarang tempat dilayar layar (untuk refresh), apabila aplikasi WhatsApp versi terbaru tersedia untuk diperbarui, silakan tap Perbarui.

4. Install ulang Aplikasi WhatsApp

Selanjutnya kalian bisa mencoba menginstall ulang aplikasi WhatsApp, artinya silakan hapus aplikasi WhatsApp kemudian install kembali melalui App Store. Namun ingat cara ini akan menghapus data-data chat pada aplikasi WhatsApp kalian, jadi silakan backup chat-chat penting terlebih dahulu.

5. Cek Pengaturan Tanggal dan Waktu

Cek juga apakah pengaturan tanggal dan waktu pada iPhone kalian sudah benar atau belum, caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Tanggal & Waktu, jika sudah atur sesuai Zona Waktu kalian sekarang atau gunakan menu Atur Secara Otomatis.


6. Reset Pengaturan iPhone

Semua cara-cara diatas tidak berhasil? kalian bisa coba mengatur ulang Pengaturan pada iPhone kalian (tanpa menghapus data), caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang lalu pilih Atur Ulang Pengaturan.

7. Coba Nyalakan fitur Segarkan App di Latar

Selanjutnya kalian bisa coba mengaktifkan fitur Segarkan App di Latar, fitur ini berfungsi untuk mengizinkan aplikasi memperbarui datanya ketika sedang tidak digunakan. Caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar > Segarkan App di Latar lalu pilih Wi-FI & Data Seluler


8. Update iOS ke versi terbaru

Terakhir, kalian bisa mencoba mengupdate versi iOS kalian ke versi terbaru yang tersediaan saat ini, caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak, apabila tersedia silakan download dan install pembaruan melalui koneksi WiFi

Seharusnya dengan mengikuti salah satu dari cara-cara diatas aplikasi WhatsApp kalian sudah kembali normal.

Oh ya satu lagi, pastikan juga kalian tidak memblokir kontak yang pesannya tidak masuk, sebab jika kontak tersebut kalian blokir maka pesan apapun yang dikirimkan tentu tidak akan masuk, untuk cek kontak yang diblokir silakan buka aplikasi WhatsApp lalu pilih menu Pengaturan > Akun > Privasi > Diblokir.

Baik itu saja cara-cara mengatasi notifikasi aplikasi WhatsApp di iPhone yang hanya muncul atau diterima saat aplikasi dibuka saja. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.