Fungsi dan Cara Menggunakan Akses Terpandu di iPhone / iPad

Akses Terpandu atau Guided Access merupakan salah satu fitur di iOS / iPadOS: iPhone, iPad dan iPod touch yang berfungsi untuk membatasi dan mengontrol fitur apa saja yang dapat digunakan pada iPhone, misalnya mencegah keluar dari aplikasi yang sudah ditentukan, menonaktifkan fungsi untuk mengakses Pusat Kontrol dan Panel Notifikasi, menonaktifkan fungsi kontrol volume maupun kecerahan layar dan masih banyak lagi.


Akses Terpandu ini nantinya akan dikunci menggunakan Password yang sudah kalian buat sebelumnya saat mengaktifkan fitur ini, jadi untuk menonaktifkan fitur Akses Terpadu kalian perlu memasukan kembali Password yang sudah dibuat tadi.

Baca Juga : Cara Mengatur Waktu Penggunaan Aplikasi & Games Di iPhone / iPad

Fitur Akses Terpandu ini cocok digunakan untuk membatasi anggota keluarga kalian (misalnya anak) agar tidak membuka aplikasi lainnya selain yang sudah ditentuka, atau bagi kalian seorang gamer yang meletakan tombol dekat dengan area untuk membuka pusat kontrol dan panel notifikasi, kalian bisa menggunakan fitur ini untuk mencegah kedua fungsi tersebut tiba-tiba terbuka secara tidak sengaja saat sedang seru-serunya bermain (pengalaman admin).

Cara Menggunakan atau Mengaktifkan Akses Terpandu di iPhone, iPad dan iPod touch

Cara menggunakan fitur Akses Terpandu sangatlah mudah, silakan ikuti cara-cara dibawah berikut dengan baik dan teliti.

#1 : Pertama buka aplikasi Pengaturan kemudian masuk ke menu Aksesibilitas > Akses Terpandu lalu silakan nyalakan menu Akses Terpandunya

#2 : Selanjutnya silakan buka menu Pengaturan Kode Sandi > Atur Kode Sandi Akses Terpandu lalu masukan password yang diinginkan (jangan sampai lupa ya..), kalian juga bisa mengaktifkan menu Face ID atau Touch ID untuk mengakhiri Akses Terpandu tanpa memasukan password lagi.


#3 : Sekarang silakan buka aplikasi atau game yang ingin kalian batasi akses fiturnya dengan menu Akses Terpandu

#4 : Jika sudah silakan aktifkan menu Akses Terpandu dengan cara:

  • iPhone dengan Notch seperti iPhone X, Xr, Xs, 11, 11 Pro, 11 Pro Max dst.. silakan tekan tombol Samping / Power sebanyak 3 kali dengan cepat
  • iPhone dengan tombol Home seperti iPhone 6S, 7 dan 8 silakan tekan tombol Home sebanyak 3 kali dengan cepat

#5 : Apabila sudah maka menu Akses Terpandu akan diaktifkan, silakan tap menu Pilihan (dipojok kiri bawah) untuk mengatur fitur apa saja yang akan dinonaktifkan atau diaktifkan selama dalam mode Akses Terpandu


#5 : Jika sudah silakan tap menu Mulai untuk mengaktifkan fitur Akses Terpandu


Selama dalam fitur Akses Terpandu mungkin beberapa fitur seperti tombol atau gestur keluar tidak dapat digunakan, itu tandanya kalian telah memilih untuk menonaktifkan fitur tersebut pada pilihan Akses Terpandu.

#6 : Untuk menonaktifkan fitur Akses Terpandu silakan ulangi proses saat mengaktifkan fitur Akses Terpandu, caranya:

  • iPhone dengan Notch seperti iPhone X, Xr, Xs, 11, 11 Pro, 11 Pro Max dst.. silakan tekan tombol Samping / Power sebanyak 3 kali dengan cepat
  • iPhone dengan tombol Home seperti iPhone 6S, 7 dan 8 silakan tekan tombol Home sebanyak 3 kali dengan cepat

#7 : Jika sudah silakan pilih menu Akhiri lalu masukan password atau gunakan Face ID untuk mengonfirmasi penonaktifan


Bagaimana gampang kan? kalian bisa menggunakan fitur Akses Terpandu ini pada aplikasi manapun yang diinginkan dengan cara membuka aplikasi tersebut lalu mengaktfkannya menggunakan cara-cara diatas.

Buat admin sendiri fitur ini sangatlah berguna dan admin gunakan untuk memblokir gestur pusat kontrol dan pusat notifikasi, agar tidak terbuka saat sedang menyentuh layar iPhone bagian atas kiri atau kanan. Selain itu apabila kalian memiliki anggota keluarga entah anak atau siapapun itu yang khawatir akan membuka aplikasi diluar yang sudah ditentukan, kalian bisa menggunakan fitur Akses Terpandu ini.


Baik itu saja Fungsi dan Cara menggunakan fitur Akses Terpandu di iOS / iPadOS iPhone, iPod touch dan iPad. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.