Cara Mengatur Waktu Penggunaan Aplikasi & Games Di iPhone / iPad

Ingin mengatur dan membatasi waktu penggunaan aplikasi ataupun games di iPhone atau iPad? bisa dan caranya sangatlah mudah, kalian dapat menggunakan fitur Durasi Layar untuk membatasi waktu penggunaan aplikasi ataupun games dengan waktu yang sudah kalian tentukan sebelumnya. Selain itu kalian juga dapat menambahkan password setelah limit waktu yang sudah ditentukan tiba, hal ini sangat cocok bagi yang ingin membatasi anaknya untuk bermain games ataupun menggunakan sosial media.


Fitur durasi layar ini bisa kalian temukan pada semua iPhone yang sudah mendukung iOS 13, seperti iPhone 6S / Plus, iPhone SE, iPhone 7 / Plus, iPhone 8 / Plus, iPhone X, iPhone XR, iPhone XS / Max, iPhone 11 dan iPhone 11 Pro / Max.

Baik kalau begitu langsung saja, berikut cara mengatur waktu untuk membatasi penggunaan aplikasi atau games di iPhone, iPad dan iPod.

#1 : Buka aplikasi Pengaturan

#2 : Lalu pilih menu Durasi Layar, jika belum diatur silahkan diatur terlebih dahulu

#3 : Setelah selesai kalian bisa mengatur kode sandi untuk mengakses menu Durasi Layar, tujuannya agar hanya pemegang kode sandi yang dapat mengakses menu Durasi Layar.

#4 : Jika sudah langsung buka menu Batas App > Tambah Batas ( masukkan password jika diminta )


#5 : Kemudian pilih kategori aplikasi yang ingin dibatasi, disini sebagai contoh saya memilih game kemudian secara spesifik memilih game Minecraft.


#6 : Jika sudah tap Berikutnya lalu atur waktu pembatas aplikasi


Catatan : 

> Kalian bisa mengatur pembatasan ini berlaku pada hari apa saja melalui menu Sesuaikan Hari
> Kalian bisa memblokir akses aplikasi dengan password Durasi Layar yang sebelumnya sudah diatur dengan menyalakan menu Blokir pada Akhir Batas

#7 : Terakhir jika sudah silahkan tap Tambah

Sekarang aplikasi ataupun games yang sudah kalian atur waktu pembatasnya, otomatis akan meminta password ( jika menyalakan menu blokir ), atau mengingatkan kalian jika sudah mencapai waktu yang ditentukan ( jika tidak menyalakan menu blokir ).

Ini contoh gambar dari aplikasi atau games yang sudah mencapai limit penggunaan dan otomatis terblokir :


Untuk meminta durasi tambahan dibutuhkan password yang digunakan pada menu Durasi Layar.

Bagaimana keren kan? fitur ini sangat cocok digunakan oleh para orang tua yang ingin membatasi anaknya bermain game.

Untuk menghapus pembatasan kalian bisa masuk ke menu Batas App > lalu tap aplikasi / games yang ingin dihapus batasannya > Hapus Batas.

Baik sekian informasi cara mengatur penggunaan aplikasi di iPhone denga limit waktu dan password, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!