Cara Mengaktifkan atau Mematikan Kamera HDR Di iPhone

HDR atau High-dynamic-range adalah salah satu fitur kamera yang berfungsi untuk mengambil gambar dengan rentang dinamis yang tinggi. Dengan menggunakan kamera HDR gambar yang dihasilkan akan jauh lebih detail, akurat, terang dan berwarna.


Untuk saat ini kamera HDR di iPhone secara otomatis akan aktif apabila kamera mendeteksi objek yang sesuai dan memang terlihat lebih baik apabila menggunakan mode HDR. Namun kalian sendiri dapat mengatur secara manual fitur HDR ini, entah ingin diaktifkan atau dinononaktifkan. Baik kalau begitu langsung saja berikut caranya.

Cara Mengaktifkan dan Mematikan Kamera HDR di iPhone

Setiap iPhone memiliki menu dan pengaturannya masing-masing untuk mengaktifkan ataupun mematikan kamera HDR, silahkan ikuti sesuai dengan model iPhone yang kalian gunakan.

iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

> Buka aplikasi Pengaturan > Kamera lalu matikan / nyalakan menu HDR Otomatis, atau langsung pada aplikasi Kamera kemudian tap menu HDR yang terdapat dibagian atas aplikasi lalu kalian bisa mengatur HDR ke Mati, Nyala atau Otomatis.

iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE 2020 atau lebih baru

> Buka aplikasi Pengaturan > Kamera lalu matikan / nyalakan menu HDR Cerdas.


iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE, iPhone 6

> Buka aplikasi Kamera kemudian tap menu HDR yang terdapat dibagian atas aplikasi lalu kalian bisa mengatur HDR ke Mati, Nyala atau Otomatis.


Menyimpan Foto HDR dan Normal Sekaligus

Sebagai tambahan saat mengambil gambar kalian juga bisa langsung mengambil dua hasil antara HDR dan Normal, jadi kalian tetap memiliki keduanya tanpa mengorbankan salah satu. Untuk caranya silahkan masuk ke aplikasi Pengaturan > Kamera kemudian nyalakan menu Simpan Foto Normal.


Bagaimana gampang kan? sekian informasi cara mengaktifkan dan mematikan fitur HDR pada kamera iPhone. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!