Cara Mengatasi Ooops: VLC Media Player Just Crashed

VLC Media Player adalah salah satu pemutar video terbaik dan gratis saat ini, namun terkadang ada saja masalah yang muncul dimana VLC Media Player tiba-tiba keluar sendiri, dan memberikan peringatan " Oops VLC Media Player Just Crashed " saat dibuka kembali. Hal ini terus berlangsung, dan seperti kasus yang admin alami masalah ini muncul ketika 2 - 3 menit video baru saja diputar.


Ya, menjengkelkan memang apalagi sedang seru-serunya menyaksikan film favorit. Nah admin sendiri berhasil memperbaiki masalah ini dengan sangat mudah, kalau begitu langsung kalian bisa mengikuti beberapa cara berikut :

Restart Komputer

Ya, langkah paling sederhana pertama yang kalian bisa coba adalah dengan merestart komputer kalian, jika sudah silahkan coba kembali. Jika belum berhasil lanjutkan cara dibawah berikut.

Update VLC Media Player ke Versi Terbaru

Caranya mudah silahkan buka VLC Media Player kemudian klik menu Help > Check for Updates... jika terdapat pembaruan klik YES untuk mendownload dan menginstall pembaruan tersebut.

Install Codec

Codec merupakan salah satu program tambahan yang berfungsi untuk membantu media player seperti VLC untuk membaca data video maupun audio dengan baik. Silahkan download dan install Codec Basic melalui link berikut https://codecguide.com/download_kl.htm

Reset Pengaturan VLC

Coba reset Pengaturan VLC media player kalian, caranya klik menu Tools > Preferences lalu dibagian bawah klik Reset Preferences jika sudah klik Save dan silahkan dicoba kembali, apabila tidak berhasil lanjutkan cara dibawah.


Ubah Output Video

Caranya buka VLC kemudian klik menu Tools > Preferences > Video pada menu Output ubah menjadi OpenGL Video Output kemudian klik Save dan coba kembali.

Ubah Pengaturan Akselerasi Video

Buka VLC kemudian klik menu Tools > Preferences > Input / Codecs kemudian ubah Hardware-accelerated decoding dalam ke Automatic kemudian klik Save dan coba kembali.

Masih Belum Bisa Juga?

Jika cara-cara diatas masih juga belum membuahkan hasil, kalian bisa menggunakan media player lainnya untuk sementara seperti Gom Media Player, KMPlayer dan lain sebagainya.

Baik sekian informasi cara mengatasi VLC Media Player Crash " Ooops: VLC Media Player Just Crashed ". Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!