Cara Mengatasi Widgetsmith Tidak Tampil, Blank atau Kosong

Widgetsmith merupakan salah satu aplikasi yang dapat kalian manfaatkan untuk membuat beragam kreasi Widget di iOS 14. Namun apa jadinya jika Widget dari aplikasi Widgetsmith yang sudah kalian atur sedemikian tidak tampil, kosong alias blank dengan latar abu-abu?


Jika kalian salah satu pengguna yang mengalaminya, langsung saja ikuti cara-cara berikut untuk mengatasinya.


Jangan Lupa Memilih Widget Sesuai Ditambahkan

Widget dari Widgetsmith yang kalian tambahkan pada layar utama tidak secara langsung menampilkan Widget yang baru saja dibuat. Kalian diharuskan memilih kembali Widget tersebut langsung dari Widget yang dipasang selain itu pastikan juga ukuran antara Widget yang dibuat dan yang akan ditampilkan sama.

Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

#1 : Pastikan Ukuran Widget yang sudah diatur pada aplikasi Widgetsmith sama dengan yang telah dipasang

#2 : Jika sudah silakan tap dan tahan pada Widget yang sudah dipasang tersebut

#3 : Kemudian pilih menu Edit Widget lalu pilih lagi menu Widget


#4 : Sekarang silakan tap menu Widget yang tadi sudah kalian buat / atur


Jika sudah silakan tunggu beberapa saat dan Widget yang dibuat seharusnya sudah tampil

Cek Ukuran Widget

Pastikan ukuran antara Widget yang kalian atur pada aplikasi Widgetsmith dengan ukuran Widget yang akan kalian pasang sama.

Seperti yang admin jelaskan pada cara pertama di atas menu Widget yang kalian telah atur tidak akan tampil jika ukuran Widget antara yang dipasang dan diatur tidak sama.

Cek Izin Aplikasi Widgetsmith

Apabila foto yang kalian tambahkan pada aplikasi Widgesmith Blank / Tidak Tampil kemudian Cuaca tidak menunjukan lokasi yang sesuai. Pastikan kalian telah mengatur izin dari aplikasi Widgetsmith untuk mengakses foto maupun lokasi.

Caranya silakan buka aplikasi Pengaturan kemudian cari menu Widgetsmith (biasanya dipaling bawah), jika sudah silakan tap pada menu Foto lalu pilih Semua Foto begitu juga dengan Lokasi silakan tap pada menu Saat App Aktif.


Cek Koneksi Internet

Beberapa komponen Widget pada aplikasi Widgetsmith seperti Cuaca, membutuhkan akses ke Internet untuk mengambil dan menyegarkan data-datanya. Jadi pastikan iPhone kalian telah terhubung ke Internet.

Restart iPhone

Coba juga dengan merestart iPhone kalian, beberapa pengguna banyak yang mengatakan bahwa Restart merupakan solusi jitu mengatasi Widget yang tidak muncul atau tidak tampil, dalam kasus ini pada aplikasi Widgetsmith.

Untuk restart, sederhananya kalian cukup mematikan iPhone kalian kemudian menyalakannya kembali. Untuk iPhone dengan tombol Home silakan tekan dan tahan tombol Lock, sedangkan untuk iPhone dengan Notch silakan tekan dan tahan tombol Lock + Volume Bawah / Atas secara bersamaan.

Install Ulang Aplikasi

Cara-cara di atas tidak ada yang berhasil? kalian bisa mencoba menginstall ulang aplikasi Widgetsmith, sederhananya silakan hapus aplikasi Widgetsmith kemudian install kembali.

Coba Juga

  • Nonaktifkan Mode Daya Rendah
  • Nyalakan menu Segarkan App di Latar (pengaturan > umum > segarkan app di latar)
  • Reset pengaturan susunan layar utama (pengaturan > umum > atur ulang)
  • Update ke iOS versi terbaru apabila tersedia
  • Gunakan aplikasi alternatif Widgetsmith lainnya


Nah bagaimana apakah masalah Widget yang tidak muncul, blank atau kosong pada aplikasi Widgetsmith sudah teratasi? seharusnya dan admin harap sudah ya.. namun jika masih tidak membuahkan hasil kalian perlu mencari alternatif aplikasi lainnya sementara menunggu update perbaikan dari aplikasi Widgetsmith.

Baik itu saja cara-cara emngatasi Widget dari aplikasi Widgetsmith yang tidak tampil, abu-abu atau kosong. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.