Cara Reset SMC dan NVRAM / PRAM di Mac Chip Apple M1?

Apabila Mac memiliki masalah terkait pengaturan, melakukan reset NVRAM atau PRAM dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Sedangkan reset SMC dapat dilakukan apabila masalah tersebut datang dari power, baterai, fan, atau fitur lainnya.

 
Namun untuk Mac, Macbook Air ataupun Macbook Pro keluaran terbaru yang menggunakan Chip Apple M1, tidak bisa atau memiliki pilihan untuk mereset NVRAM / PRAM dan SMC. Mengapa?

Chip Apple M1 pada Mac Tidak Bisa Reset SMC dan NVRAM Secara Manual

SMC atau System Management Controller merupakan chip khusus untuk Mac berbasis chip Intel yang bertanggung jawab untuk mengatur beberapa fungsi pada Mac, seperti manajemen baterai, manajemen termal (panas), lampu indikator baterai, merespon tekanan tombol daya, merespon saat membuka atau menutup layar Mac maupun manajemen lampu latar keyboard.

Sehingga melakukan reset SMC dapat membantu mengatasi masalah pada Mac terkait hal-hal di atas.

Namun berbeda dengan Mac yang telah menggunakan Chip besutan Apple, pilihan untuk melakukan reset SMC tidaklah tersedia. Mengapa? sebab Chip M1 yang dirancang oleh Apple sendiri diketahui telah mengintegrasikan seluruh fungsi seperti Memori, Keamanan, Input-Output, dan lain sebagainya, dalam satu paket Chip.


Maka dari itulah mengapa Chip M1 Apple tidak memiliki pilihan untuk melakukan reset SMC.

Desain Chip Mac yang dirancang sendiri oleh Apple ini kira-kira mirip dengan yang digunakan juga pada iPhone maupun iPad, yang kita ketahui sendiri tidak memiliki pilihan untuk melakukan reset SMC secara manual.

NVRAM / PRAM

Berbeda dengan SMC, fungsi NVRAM atau nonvolatile random-access memory dan PRAM atau Parameter RAM, masih tersedia pada Chip Apple M1, namun telah dikonfigurasi untuk secara otomatis melakukan pemeriksaan setiap kali memulai Mac dan secara otomatis juga akan melakukan reset apabila dibutuhkan.

Pada intinya semua telah diatur secara otomatis bilamana NVRAM atau PRAM butuh untuk direset, jadi tidak dilakukan secara manual lagi.

Sekilas NVRAM atau PRAM sama-sama merupakan memori yang menyimpan data pengaturan tertentu.

Namun begitu perintah NVRAM atau PRAM masih dapat kalian jalankan secara manual melalui aplikasi Terminal.

Kesimpulan

Pada kesimpulannya karena tidak memiliki System Management Controller (SMC), maka Mac berbasis Chip Apple M1 tidak dapat melakukan reset SMC. Sedangkan untuk NVRAM dan PRAM masih tersedia pada Mac berbasis Chip Apple M1, namun kalian tidak dapat melakukan reset secara manual, melainkan Mac akan melakukannya secara otomatis setiap kali booting apabila diperlukan.