Gunakan Fitur iPhone / iPad Berikut untuk Menjaga Kesehatan Mata

Berlama-lama menatap layar gadget dapat berisiko membuat mata menjadi lebih cepat kering, tegang, merah berair, kepala pusing, hingga pengelihatan menjadi semakin kabur. Jika dibiarkan terus menerus, kebiasaan tersebut dapat berakibat buruk bagi mata.


Nah pada postingan kali ini Admin akan membagikan tips menjaga kesehatan mata khususnya bagi pengguna iPhone dan iPad, dengan menerapkan beberapa pengaturan layar yang dapat mengurangi ketegangan mata.

Kalau begitu langsung saja simak tipsnya berikut ini.

Gunakan Kecerahan Layar Otomatis

Tingkat Kecerahan Layar yang terlalu tinggi dapat membuat mata menjadi lebih cepat kering dan lelah, namun disisi lain jika kalian sedang berada di lingkungan dengan kondisi cahaya yang terang, menggunakan layar dengan kecerahan rendah membuat tampilan pada layar menjadi sulit terlihat.

Maka dari itu menggunakan fitur Kecerahan Otomatis merupakan salah satu pilihan terbaik, iPhone dan iPad memiliki sensor yang dapat mendeteksi kondisi pencahayaan disekitarnya sehingga dapat mengatur tingkat kecerahan layar secara otomatis ke tingkat yang tepat.

Cara mengaktifkan fitur Kecerahan Otomatis:

  1. Buka aplikasi Pengaturan
  2. Masuk ke menu Aksesibilitas > Layar & Ukuran Teks
  3. Kemudian cari dan aktifkan menu Kecerahan Otomatis


Gunakan Fitur Night Shift

Night Shift berfungsi untuk mengubah suhu warna pada layar menjadi jauh lebih hangat, hal ini akan sangat membantu mengurangi ketegangan pada mata saat menatap layar dalam jangka wakut yang lama, dan membantu tidur menjadi lebih nyenyak ketika malam hari.

Setelah mengaktifkan fitur Night Shift kalian akan mendapati warna di layar iPhone atau iPad kalian menjadi lebih kuning.

Cara mengaktifkan fitur Night Shift:

  1. Buka aplikasi Pengaturan
  2. Masuk ke menu Tampilan & Kecerahan
  3. Pilih menu Night Shift kemudian pilih menu Terjadwal (silakan atur jadwalnya) atau pilih Aktifkan Manual Hingga Esok


Gunakan Fitur True Tone

True Tone merupakan teknologi layar pada iPhone yang berfungsi untuk mengubah suhu warna, intensitas kecerahan, dan titik putih pada layar secara dinamis menyesuaikan dengan kondisi pencahyaan disekitar kalian.

Fitur ini dapat membuat tampilan layar iPhone atau iPad kalian menjadi lebih alami dan nyaman dipandang mata, namun begitu fitur True Tone ini tidak dimiliki oleh semua iPhone atau iPad.

Cara mengaktifkan fitur True Tone:

  1. Buka aplikasi Pengaturan
  2. Masuk ke menu Tampilan & Kecerahan
  3. Kemudian nyalakan fitur True Tone


Gunakan Mode Gelap (Dark Mode)

Tampilan hitam pada layar dapat membantu mengurangi intensitas cahaya sehingga dapat mengurangi ketegangan pada mata. Fitur ini cocok digunakan membaca pada kondisi ruangan sekitar yang gelap atau saat malam hari.

Cara mengaktifkan fitur Mode Gelap (Dark Mode):

  1. Buka aplikasi Pengaturan
  2. Masuk ke menu Tampilan & Kecerahan
  3. Kemudian pilih menu Gelap (atau gunakan pintasan Dark Mode pada Pusat Kontrol)


Aktifkan Fitur Kurangi Transparansi

Mengaktifkan fitur "Kurangi Transparansi" dapat mengurangi tingkat transparan dan memperjelas tampilan teks agar dapat lebih mudah dibaca.

Cara mengaktifkan fitur Mode Gelap (Dark Mode):

  1. Buka aplikasi Pengaturan
  2. Masuk ke menu Aksesibilitas > Layar & Ukuran Teks
  3. Kemudian cari dan aktifkan menu Kurangi Transparansi


Kurangi Kedipan / Flickering pada Layar OLED

Khusus bagi kalian pengguna iPhone dengan layar OLED seperti iPhone X, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone 12, iPhone 12 Pro dan seterusnya. Disarankan untuk menggunakan fitur "Kurangi Titik Putih" mengapa?

Berbeda dengan layar LCD, saat kecerahan berada ditingkat rendah layar OLED cenderung akan berkedip yang dapat menyebabkan mata menjadi tegang dan mudah lelah, dalam kondisi tertentu bagi pengguna yang sensitif hal ini dapat menyebabkan pusing.

Nah untuk mengatasinya, kalian bisa mengurangi kecerahan layar dengan menggunakan fitur "Kurangi Titik Putih". Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara mengaktifkan fitur Kurangi Titik Putih:

  1. Buka aplikasi Pengaturan
  2. Masuk ke menu Aksesibilitas > Layar & Ukuran Teks
  3. Kemudian cari dan aktifkan menu Kurangi Titik Putih
  4. Disarankan untuk mengatur Kurangi Titik Putih diantara 85% hingga 100%


Istirahatkan Mata

Terakhir, menginstirahatkan mata tentu menjadi pilihan terbaik demi menjegah kelelahan mata. Bagi yang sering menatap layar karena beragam pekerjaan atau aktivitas, disarankan untuk mengistirahatkan mata setiap 20 menit sekali selama 30 detik, dengan cara melihat objek yang jauh atau memejamkan mata.

Selain itu kurangi kebiasaan buruk dalam melihat gadget terlalu dekat dan rutinlah mengkonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung vitamin A.