Cara Mengatasi iPhone: To enable personal hotspot on this account, Contact carrier

Banyak pertanyaan yang seringkali Admin temukan soal Personal Hotspot atau Hotspot Pribadi pada iPhone yang tidak bisa diaktifkan. Tepatnya muncul pesan peringatan seperti berikut:

(Set Up Personal Hotspot) To enable personal hotspot on this account, Contact carrier atau (Atur Hotspot Pribadi) Untuk mengaktifkan hotspot pribadi di akun ini, hubungi Carrier.


Bagi kalian yang mengalaminya tidak perlu khawatir. Sebab masalah diatas biasanya dapat dengan mudah diatasi hanya dengan memasukkan pengaturan APN dari provider masing-masing (Carrier = Provider Jaringan).

Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara-cara di bawah ini berlaku bagi semua pengguna iPhone, seperti iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone SE 2016, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE 2020, iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, atau lebih baru.

Masukkan / Atur Pengaturan APN

1. Pertama-tama silakan buka aplikasi Pengaturan (Settings)

2. Kemudian masuk ke menu Seluler (Cellular) > Jaringan Data Seluler (Cellular Data Network)


3. Sekarang silakan masukan informasi APN pada seluruh kolom APN yang tersedia

Sebagai contoh, bagi pengguna operator Telkomsel silakan masukan " telkomsel " (tanpa tanda petik ya) pada seluruh kolom APN. Sedangkan untuk menu Nama PenggunaKata sandi dan lain sebagainya tidak perlu diisi.


Berikut daftar nama APN untuk semua operator. Ingat masukan APN berikut ke seluruh kolom APN yang ada di pengaturan APN iPhone, khusunya menu APN untuk Hotspot Pribadi / Personal Hotspot agar fitur Hotspot dapat digunakan / terbuka.

  • Telkomsel, masukan APN: telkomsel
  • Indosat, masukan APN: indosatgprs
  • XL, masukan APN: internet
  • Smartfren, masukan APN: smartfren4g
  • Axis, masukan APN: axis
  • Tri (3), masukan APN: 3gprs
  • By.u, masukan APN: byu

4. Apabila sudah selesai silakan kembali ke menu utama aplikasi Pengaturan iPhone, kemudian nyalakan menu Mode Pesawat (Airplane Mode), lalu tutup aplikasi Pengaturan.

5. Tunggu sekitar 5 detik, kemudian buka kembali aplikasi Pengaturan dan matikan menu Mode Pesawat.

Selesai deh, seharusnya menu Personal Hotspot (Hotspot Pribadi) akan muncul di menu utama aplikasi Pengaturan.

Apabila menu Personal Hotspot masih belum muncul, silakan Restart iPhone. Sederhananya, matikan iPhone kemudian nyalakan kembali.

Bagimana apakah sudah berhasil? jika masih belum juga coba lanjutkan cara di bawah berikut.

Reset Pengaturan Jaringan

Apabila cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil. Disarankan untuk mencoba mereset atau mengatur ulang pengaturan jaringan ke bawaan pabrik, kemudian memasukkan atau mengatur kembali pengaturan APN seperti yang sudah dijelaskan pada cara pertama di atas.

Untuk mereset Pengaturan Jaringan langsung saja masuk ke aplikasi Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Atur Ulang (Reset) > Atur Ulang Jaringan (Reset Nework Settings).

Jika sudah, silakan atur kembali pengaturan APN.

Update ke iOS Versi Terbaru

Jika masih belum juga membuahkan hasil, coba update iOS pada iPhone kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya bug atau kesalahan pada versi iOS yang kalian gunakan.

Untuk melakukan update iOS langsung saja buka aplikasi Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Pembaruan Perangkat Lunak (Software Update). Apabila tersedia, langsung saja download dan install update tersebut menggunakan jaringan WiFi atau data seluler 5G.

Hubungi Carrier / Provider Jaringan Seluler

Fitur Personal Hotspot (Hotspot Pribadi) diatur juga oleh Carrier atau Provider Jaringan Seluler. Jadi, apabila masalah masih terus berlanjut, coba hubungi layanan bantuan (customer care) provider jaringan seluler masing-masing.

  • Telkomsel: 188
  • Indosat: 185 atau 021 3000 3000
  • XL: 817
  • Smartfren: 888
  • Axis: 838
  • Tri (3): 132
  • By.u: 155

Biasanya Customer Case akan menjelaskan dan membantu kalian untuk mengatur pengaturan agar fitur Personal Hotspot dapat diaktifkan.

Baik itu saja informasi cara mengatasi masalah "Contact Carrier" saat mengatur Personal Hotspot iPhone. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan, atau mungkin ada yang ingin menambahkan pengalamannya dalam mengatasi masalah diatas? jangan ragu untuk tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih :)