Cara Buka Aplikasi di iPhone Menggunakan Back Tap

Back Tap merupakan fitur Aksesibilitas untuk iPhone 8 atau lebih baru yang pertama kali diperkenalkan melalui iOS 14. Dengan adanya fitur Back Tap, pengguna dapat mengetuk (tap) sebanyak dua atau tiga kali dibagian belakang iPhone untuk mengaktifkan atau membuka beragam pintasan seperti Screenshot, Mengatur Volume, Lock Screen, Mute, dan lain sebagainya.


Namun seperti yang kita ketahui sendiri bahwa Back Tap tidak menyediakan pintasan yang dapat digunakan untuk membuka aplikasi yang kita inginkan. Tetapi tidak perlu khawatir, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara membuka beragam aplikasi melalui Back Tap iPhone.

Kita tidak akan memodifikasi iPhone (misalnya jailbreak), melainkan kita akan menggunakan aplikasi Pintasan (Shortcut) untuk membuat pintasan untuk membuka aplikasi yang diinginkan. Nantinya, pintasan yang sudah dibuat dapat diaktifkan melalui Back Tap.

Kalau begitu, langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Buka Aplikasi Menggunakan Back Tap iPhone

1. Silakan cari dan buka aplikasi Pintasan / Shortcut

2. Kemudian tambahkan pintasan baru (tap ikon "+" lalu "Tambah Tindakan (Add Action)")


3. Setelah itu pilih menu Pembuatan Script (Scripting) lalu pilih lagi menu Buka App (Open App)


4. Selanjutnya tap pada menu Pilih (Choose) lalu silakan pilih aplikasi yang akan diinginkan


5. Jika sudah tap menu Selanjutnya (Next) kemudian masukkan nama pintasan tersebut, jika sudah langsung saja tap Selesai (Done)


6. Pada tahap ini, pintasan untuk membuka aplikasi yang diinginkan telah selesai dibuat. Pintasan atau perintah (script) tersebut nantinya akan kita jalankan melalui fitur Back Tap.


7. Apabila langkah di atas sudah selesai, langsung saja buka aplikasi Pengaturan iPhone kemudian masuk ke menu Aksesibilitas (Accessibility) > Sentuh (Touch) > Ketuk Bagian Belakang (Back Tap)


8. Lanjutkan ingin memilih tindakan Ketuk Dua Kali (Double Tap) atau Ketuk Tiga Kali (Triple Tap)


9. Sekarang, silakan cari dan pilih Pintasan yang tadi sudah dibuat


Terakhir, silakan coba tap bagian belakang iPhone sebanyak dua atau tiga kali sesuai yang telah dipilih di atas, dan lihat hasilnya! aplikasi dalam pintasan yang dipilih secara otomatis akan terbuka.

Setelah aplikasi terbuka akan muncul notifikasi yang menandakan bahwa script atau pintasan telah berhasil dijalankan, contohnya seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut


Bagaimana mudah bukan? kalian juga bisa menambahkan banyak pintasan untuk membuka aplikasi yang secara otomatis akan muncul juga pada menu Back Tap. Untuk menghapus pintasan tersebut, kalian dapat melakukannya melalui aplikasi Pintasan / Shortcut.

Baik, itu saja informasi cara membuka atau menjalankan aplikasi menggunakan fitur Back Tap iPhone. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih.