Cara Setting Personal Hotspot di iPad (Mini, Air dan Pro)

Personal Hotspot atau Hotspot Pribadi merupakan salah satu fitur yang terdapat pada iPad (termasuk juga iPhone dan banyak smartphone lainnya), yang digunakan untuk membagikan jaringan internet ke perangkat lainnya melalui jalur sambungan Wi-Fi, kabel USB, hingga Bluetooth.


Namun secara bawaan di iPad maupun iPhone sendiri biasanya tidak secara langsung menampilkan menu untuk mengaktifkan Personal Hotspot. Sebagai solusinya pengguna cukup mengatur pengaturan APN jaringan seluler sesuai dengan yang telah disediakan oleh operator jaringan seluler yang digunakan, tujuannya agar menu Personal Hotspot dapat muncul / tampil.

Nah, khusus pada postingan kali ini, Admin akan membagikan cara setting APN di seluruh model iPad, entah itu iPad (biasa), iPad Mini, iPad Pro, hingga iPad Air.

Sebelum melanjutkan pastikan iPad yang kalian gunakan merupakan iPad yang mendukung jaringan seluler ya.. jika sudah langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Setting Personal Hotspot di iPad (Mini, Air dan Pro)

1. Pertama langsung saja buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPad

2. Kemudian masuk ke menu Seluler (Cellular) lalu pilih menu Jaringan Data Seluler (Cellular Data Network)

Jika menu Jaringan Data Seluler tidak dapat ditemukan, coba masuk ke menu Pilihan Data Seluler > Pengaturan APN.

3. Selanjutnya silakan masukan nama APN dari provider jaringan yang digunakan pada kolom APN yang tersedia, khususnya pada menu Hotspot Pribadi (Personal Hotspot).

Berikut adalah daftar APN sesuai dengan Provider Penyedia Jaringan Seluler yang ada di Indonesia.

Untuk memastikan lebih lanjut soal informasi APN, kalian bisa juga menghubungi provider / operator seluler yang digunakan.

  • Telkomsel, masukan APN: telkomsel
  • Indosat, masukan APN: indosatgprs
  • XL, masukan APN: internet
  • Smartfren, masukan APN: smartfren4g
  • Axis, masukan APN: axis
  • Tri, masukan APN: 3gprs
  • By.u, masukan APN: byu

4. Setelah itu, silakan restart jaringan iPad dengan cara mengaktifkan Mode Pesawat (Airplane Mode) kemudian menonaktifkannya kembali.

5. Apabila berhasil, menu Personal Hotspot atau Hotspot Pribadi dapat kalian temukan pada menu utama aplikasi Pengaturan.

Jika menu Personal Hotspot masih belum muncul, coba tutup aplikasi Pengaturan iPad kemudian buka kembali, jika masih belum muncul juga coba restart iPad.

Untuk nama jaringan Personal Hotspot yang akan dibagikan mengikuti sesuai nama iPad (Baca Juga: Cara Mengubah Nama Personal Hotspot iPhone dan iPad) .

Sebagai informasi tambahan, perangkat yang terhubung ke akun iCloud yang sama dengan perangkat yang mengaktifkan personal hotspot, dapat langsung terhubung tanpa memerlukan password.

Untuk cek penggunaan kuota Personal Hotspot silakan masuk ke menu Seluler (Celluler) > Hotspot Pribadi (Personal Hotspot), selengkapnya: Cara Cek Pemakaian Kuota Hotspot Tethering di iPhone dan iPad

Baik, itu saja informasi cara setting atau menampilkan menu Personal Hotspot / Hotspot Pribadi di iPad, iPad Mini, iPad Air dan iPad Pro. Apabila ada yang ingin disampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih.