Cara Setting APN / Personal Hotspot Telkomsel di iPhone dan iPad

APN atau Access Point Name merupakan konfigurasi / pengaturan yang akan digunakan oleh operator jaringan seluler untuk mengidentifikasi dan menentukan jaringan pada suatu perangkat. APN bisa dikatakan juga sebagai pintu gerbang (gateway) yang menghubungkan antara pengaturan internet di sebuah perangkat dengan jaringan operator seluler yang digunakan.


Di iPhone dan iPad sendiri salah satu fungsi dari mengatur APN yakni, untuk mengaktifkan menu Personal Hotspot / Hotspot Pribadi yang digunakan untuk membagikan internet ke perangkat lainnya melalui sambungan WiFi, USB, hingga Bluetooth.

Nah, khusus pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara Setting / Mengatur APN Telkomsel di iPhone dan iPad, khususnya untuk mengaktifkan menu Personal Hotspot / Hotspot Pribadi. Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Setting APN / Personal Hotspot Telkomsel di iPhone dan iPad

1. Langkah pertama, buka aplikasi Pengaturan iPhone / iPad

2. Kemudian masuk ke menu Seluler > Jaringan Data Seluler


3. Jika sudah, silakan masukan APN: telkomsel pada kolom APN yang tersedia khususnya pada menu Hotspot Pribadi. Berikut contohnya:


Sebagai tambahan, untuk memastikan lebih lanjut soal informasi APN, kalian bisa juga menghubungi provider / operator seluler yang digunakan.

4. Jika sudah, untuk menyegarkan kembali jaringan silakan restart jaringan dengan mengaktifkan Mode Pesawat (Airplane Mode) kemudian menonaktifkannya kembali.


5. Untuk menu Personal Hotspot atau Hotspot Pribadi dapat kalian temukan pada menu utama aplikasi Pengaturan.


Namun apabila menu Personal Hotspot masih belum juga muncul silakan coba tutup aplikasi Pengaturan iPhone kemudian buka kembali, jika masih belum muncul juga silakan coba restart iPhone kalian.

Tutorial Video


Baik, itu saja informasi cara setting atau mengatur APN / Personal Hotspot Telkomsel di iPhone dan iPad. Apabila ada yang ingin disampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!

Baca Juga: