Apa Arti dan Maksud dari iPhone / Hp Preloved?

Pernahkah kalian menemukan istilah Preloved atau Pre-loved yang disematkan pada produk smartphone? contohnya seperti iPhone Preloved, Samsung Galaxy Preloved, dan lain sebagainya?

Lalu apa sih arti dan maksud dari Preloved kemudian apa saja perbedaan, kekurangan, dan kelebihan dari produk Preloved dibandingkan dengan produk yang lainnya?


Arti dan Maksud dari iPhone / Hp Preloved

Preloved merupakan istilah yang merujuk pada barang bekas pakai atau second-hand. Namun jika dibandingkan dengan istilah bekas atau second-hand penyebutan Preloved lebih terasa lembut dan halus.

Singkat cerita iPhone, Hp, atau Smartphone Android beragam merek yang dijual dengan tambahan istilah Preloved, menunjukkan bahwa produk tersebut merupakan produk second atau bekas pakai.

Meski begitu makna lainnya dari Preloved tidaklah pasti dan terkadang cukup beragam, ada yang merujuk pada produk bekas namun jarang dipakai, produk dengan kondisi yang masih layak pakai, dibeli namun tidak jadi digunakan, dan lain sebagainya.

Perbedaan Preloved dan Refurbished

Refurbished adalah istilah dari produk yang sudah pernah diperbaiki sebelumnya, entah secara resmi atau tidak.

Sedangkan karena Preloved sendiri bermakna sebagai produk second-hand atau bekas pakai, maka dari itu tidak menutup kemungkinan juga produk Preloved merupakan produk refurbished atau sudah pernah diperbaiki / service sebelumnya.

Kesimpulan...

Pada intinya istilah Preloved secara umum merujuk pada produk second-hand atau bekas pakai, jadi bukan produk yang masih benar-benar baru.

Meski begitu tidak menutup kemungkinan Preloved memiliki banyak makna tersebunyi lainnya seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Apabila kalian berniat untuk membeli produk iPhone atau Smartphone Android lainnya dengan istilah Preloved, silakan tanyakan secara langsung ke si Penjual untuk detail dari produk Preloved tersebut.