Cara Mengatasi Pesan 'Pengembang yang Tidak Dipercaya' pada Aplikasi iPhone dan iPad

App Store bukanlah satu-satunya tempat untuk mendapatkan atau menginstall aplikasi di iPhone, iPad maupun iPod touch. Kalian juga dapat menginstall aplikasi yang berasal dari luar App Store, misalnya melalui store pihak ketiga ataupun menginstall file aplikasi (.IPA) secara manual dengan bantuan aplikasi seperti Cydia Impactor, Sideloadly, atau AltStore.

Berbeda dengan Android ataupun iPhone yang sudah dijailbreak, umumnya aplikasi yang diinstall dan berasal dari luar App Store tidak secara langsung dapat digunakan atau dibuka begitu saja. Akan muncul pesan peringatan seperti:


Pengembang yang Tidak Dipercaya: Pengaturan manajemen perangkat Anda tidak mengizinkan penggunaan app dari pengembang "iPhone Developer:*****@**.***(******)" di iPhone ini. Anda dapat mengizinkannya di Pengaturan.

Atau:

Untrusted Developer: Your device management settings do not allow using apps from developer "iPhone Developer:*****@**.***(******)" on this iPhone. You can allow using these apps in Settings.

Saat akan membuka aplikasi yang diinstall di luar App Store.

Baca Juga : Cara Install IPA Menggunakan Sideloadly, Aplikasi Mirip Cydia Impactor

Penyebab Pesan Pengembang yang Tidak Dipercaya / Untrusted Developer

Penyebabnya sederhana, yakni pengguna diharuskan terlebih dahulu mempercayai pengembang dari aplikasi tersebut atau sederhananya si penyedia aplikasi melalui aplikasi Pengaturan iPhone.

Setelah kalian mempercayainya melalui aplikasi Pengaturan, maka aplikasi seharusnya sudah langsung dapat dibuka atau gunakan.

Cara Mengatasi (Mempercayai di Pengaturan) Pesan "Pengembang yang Tidak Dipercaya"

Untuk mempercayai pengembang aplikasi melalui aplikasi Pengaturan iPhone, iPad, maupun iPod touch caranya sangatlah mudah.

Cara ini dapat kalian terarpkan untuk aplikasi yang diinstall melalui toko aplikasi pihak ketiga, maupun aplikasi yang diinstall sendiri menggunakan Apple ID sendiri misalnya melalui Cydia Impactor, Sideloadly, AltStore, 3uTools, dll.

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Umum (General) > Manajemen Perangkat (Device Management)


3. Lalu pada menu App Pengembang (Developer App), silakan pilih nama pengambang aplikasi yang akan diatur untuk dipercayai. (bagi yang menginstall aplikasi sendiri biasanya tampil alamat email Apple ID yang digunakan)


4. Selanjutnya tap pada menu Percayai (Trust) "nama developer" lalu tap lagi Percayai (Trust)


5. Jika sudah, sekarang silakan coba buka aplikasinya kembali dan lihat hasilnya

Bagaimana apakah sudah berhasil?

Sebagai informasi tambahan, apabila kalian menginstall sendiri aplikasi tersebut menggunakan Apple ID biasa (entah itu melalui Cydia Impactor, Sideloadly, AltStore, dll.), umumnya aplikasi akan bertahan selama 7 hari saja sebelum tidak dapat digunakan lagi.

Sedangkan untuk aplikasi yang berasal dari toko aplikasi pihak ketiga memiliki masa aktif yang lebih lama (biasanya sekitar 1 tahun), namun disamping itu cara ini lebih berisiko dapat sewaktu-waktu dicabut izinnya oleh Apple yang berakhir pada aplikasi tidak dapat digunakan lagi.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut pengguna dapat menginstall ulang aplikasi setelah 7 hari atau menggunakan fitur perpanjangan otomatis seperti yang dimiliki oleh aplikasi AltStore. Sedangkan untuk yang berasal dari toko aplikasi pihak ketiga, kalian dapat mencoba menghapus aplikasi yang tidak dapat dibuka tersebut kemudian menginstallnya kembali.