Cara Lengkap Downgrade dari iOS 15 Kembali ke iOS 14

iOS 15 hadir dengan banyak tambahan fitur, perubahan, maupun peningkatan yang sangat menarik dan juga bermanfaat. Meski begitu mungkin tidak sedikit juga pengguna yang ternyata menghadapi masalah saat menggunakan iOS 15, apalagi sampai postingan ini ditulis iOS 15 masih dalam status Beta (Percobaan) dan belum secara resmi dirilis untuk semua pengguna iPhone.


Masalah yang sering ditemukan tersebut diantaranya seperti baterai iPhone menjadi jauh lebih boros dan cepat panas, bug pada sistem yang menyebabkan iPhone banyak hal tidak bekerja secara optimal, beberapa aplikasi yang sebelumnya dapat berjalan lancar namun di iOS 15 mengalami masalah atau bahkan tidak dapat dibuka sama sekali, dan lain sebagainya.

Nah, tidak perlu khawatir pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara untuk downgrade atau turun versi iOS pada iPhone, yakni dari iOS 15 kembali ke iOS 14.

Cek Apakah iOS 14 Masih Bisa Diinstall atau Tidak (Signed / Unsigned)

Penting diketahui bahwa downgrade dari iOS 15 ke iOS 14 masih dapat dilakukan selama Apple masih membuka jalurnya, dalam kata lain iOS 14 masih di-signed oleh Apple. Apabila iOS 14 sudah di-unsigned maka secara sederhana sudah tidak ada lagi cara untuk melakukan downgrade kembali ke iOS 14.

Bagaimana cara cek apakah iOS 14 masih di-signed atau dibuka jalurnya oleh Apple untuk diinstall? berikut caranya.

1. Buka website berikut: https://www.ipsw.me/

2. Kemudian pilih Model iPhone yang digunakan

3. Jika sudah cek apakah iOS 14 masih dalam status Signed atau sudah Unsigned


Apabila ada salah satu versi iOS 14 masih dalam status di-Signed maka selamat, kalian dapat melanjutkan cara downgrade ke iOS 14 ini. Namun apabila iOS 14 sudah dalam status Unsigned, itu artinya iOS tersebut sudah tidak memungkinkan lagi untuk dapat diinstall dengan tujuan downgrade.

Backup Data-Data Penting!

Seluruh data seperti Foto, Kontak, Aplikasi, dan lain sebagainya akan dihapus ketika proses downgrade dilakukan. Silakan backup terlebih dahulu data-data pada iPhone kalian sebelum melanjutkan. Data pada iPhone yang tidak dibackup dan telah terhapus permanen, tidak dapat dikembalikan lagi.

Download File IPSW iOS 14

File IPSW adalah file iOS itu sendiri yang nantinya akan diinstall (flashing) ke dalam iPhone.

Apabila masih dalam status Signed langsung saja download file (IPSW) iOS 14 tersebut melalui link di atas yakni https://www.ipsw.me/ (pilih model iPhone yang digunakan > pilih versi iOS 14 yang masih di-signed > klik download untuk mulai mendownloadnya).


File IPSW berukuran cukup besar yakni mencapai sekitar 6 GB (tergantung model iPhone yang digunakan).

Setelah file IPSW berhasil didownload, langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk memulai proses Downgrade (menginstall / flash file IPSW iOS yang sudah didownload tadi).

Cara Downgrade dari iOS 15 ke iOS 14

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan!

  • Komputer yang telah ter-install aplikasi iTunes atau Mac dengan Finder
  • Koneksi Internet
  • Kabel Data
  • Nonaktifkan Find My iPhone

Cara Menonaktifkan Find My iPhone: Buka aplikasi Pengaturan > ID Apple, iCloud, Media & Pembelian > Lacak > Cari iPhone Saya lalu nonaktifkan menu Cari iPhone Saya.


Jika sudah lanjutkan ke proses downgradenya berikut ini.

1. Sambungkan iPhone menggunakan Kabel Data ke dalam komputer lalu buka aplikasi iTunes

2. Pada aplikasi iTunes klik pada icon iPhone (kiri atas)

3. Jika sudah silakan: Tekan dan Tahan tombol SHIFT pada Keyboard kemudian klik menu Restore iPhone


4. Selanjutnya pilih file IPSW yang tadi sudah didownload kemudian klik 2 kali atau klik Open


5. Lalu pilih Restore


6. Sekarang tunggu saja hingga prosesnya selesai, iTunes akan mengekstrak file IPSW kemudian menginstallnya ke dalam iPhone


Proses Downgrade dapat memakan waktu hingga kurang lebih 1 jam. Selama proses berlangsung iPhone akan restart beberapa kali.

Apabila proses downgrade telah selesai, layar iPhone akan menampilkan tampilan "Hello" seperti baru pertama kali membeli iPhone. Silakan atur iPhone tersebut seperti biasa untuk mulai menggunakannya.

Bagaimana mudah bukan? cara-cara downgrade di atas sebenarnya tidak hanya berlaku untuk downgrade dari iOS 15 ke iOS 14 saja, melainkan ke iOS versi lainnya selama versi iOS tersebut masih dalam status di-singed atau dibuka izinnya oleh Apple. Selain itu cara-cara di atas juga sama untuk downgrade versi iPadOS pada iPad dan iOS pada iPod touch.

Baik, itu saja informasi cara mudah Downgrade dari iOS 15 ke iOS 14. Apabila ada yang ingin ditanyakan seputar informasi di atas, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya. Terima Kasih :)