Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Live Text di iPhone dan iPad

Melalui iOS 15 Apple memperkenalkan fitur Live Text atau Teks Langsung yang berfungsi untuk mendeteksi (scan) tulisan/teks melalui kamera ataupun pada foto/gambar yang sudah ada. Teks yang dideteksi tersebut dapat disalin, terjemahkan (apabila sebuah bahasa), bagikan, dicari tahu, dan lain sebagainya.


Meski begitu fitur Live Text ini tidak hadir untuk semua model iPhone, hanya perangkat dengan Chipset "Apple A12 Bionic" atau lebih baru yang mendapatkannya.

Tepatnya mulai dari iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone Pro Max, iPhone SE Gen-2, iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPad Gen-8, iPad Air 3, iPad Air 4, iPad Pro 11 (Gen-1), iPad Pro 12.9 (Gen-3) dan seterusnya.

Kalau begitu langsung saja ikuti cara berikut untuk menyalakan dan menggunakan fitur Live Text/Teks Langsung di iPhone dan iPad. (cara ini membutuhkan setidaknya iOS 15 atau lebih baru)

Cara Mengaktifkan Live Text di iPhone dan iPad

Penting! apabila fitur Live Text/Teks Langsung tidak dapat bekerja setelah diaktifkan, silakan ubah bahasa iPhone ke Bahasa Inggris/English. Jika masih tidak berhasil ubah Region/Wilayah iPhone ke Amerika Serikat.

Cara mengaktifkan fitur Live Text untuk mendeteksi tulisan pada Foto/Gambar.

1. Buka aplikasi Pengaturan

2. Kemudian masuk ke menu Umum > Bahasa & Wilayah

3. Lalu aktifkan menu Live Text/Teks Langsung

Cara mengaktifkan fitur Live Text untuk mendeteksi tulisan secara langsung melalui Kamera.

1. Buka aplikasi Pengaturan

2. Kemudian cari dan pilih menu Kamera

3. Jika sudah silakan aktifkan menu Live Text/Teks Langsung


Cara Menggunakan Live Text di iPhone dan iPad

Cara ini khusus bagi yang ingin mendeteksi teks atau tulisan pada foto atau gambar yang sudah ada, entah itu yang ada digaleri foto, web, dan lain sebagainya.

1. Buka Foto atau Gambar yang diinginkan

2Jika sudah langsung saja tap dan tahan pada area tulisan/teks yang akan disalin


3. Selanjutnya tap Salin untuk menyalin teks yang telah dipilih (usap untuk memilih tulisan/teks mana saja yang ingin disalin)


4. Selain itu kalian juga dapat memilih beragam pilihan lainnya seperti menejermahkan atau mencari tahu tentang teks tersebut (tap tanda panah kecil disamping menu pop-up)

Cara Menggunakan Kamera Live Text di iPhone dan iPad

Cara ini khusus untuk mendeteksi teks atau tulisan melalui Kamera iPhone/iPad.

Sebagai tambahan, apabila fitur Kamera Live Text tidak bekerja, untuk sementara kalian dapat mencoba mengubah Region iPhone ke negara seperti Amerika Serikat dan mencobanya kembali. Untuk mengubah Region iPhone silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Bahasa & Wilayah.

1. Pertama aktifkan terlebih dahulu fitur Live Text/Teks Langsung melalui aplikasi Pengaturan > Kamera

2. Selanjutnya, buka aplikasi Kamera iPhone kemudian arahkan ke tulisan/teks yang ingin disalin

3. Apabila iPhone berhasil mendeteksi tulisan, akan muncul icon dipojok kanan bawah layar seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut


4. Jika sudah silakan tap pada icon tersebut kemudian tap dan usap tulisan/teks yang akan disalin seperti biasa dan akan muncul beragam pilihan untuk menyalin teks hingga menerjemahkannya


Namun jika kalian berniat untuk menyalin tulisan/teks tersebut di lain waktu, silakan gunakan cara sebelumnya di atas.

Baik, itu saja informasi cara mengaktifkan (menyalakan) dan menggunakan fitur Live Text di iPhone dan iPad. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah, terima kasih.