Cara Mengatasi Aplikasi iPhone yang Hilang Sendiri

Tidak sedikit pengguna iPhone (termasuk iPad dan iPod touch) yang mengalami masalah dimana aplikasi di iPhone mereka hilang dengan sendirinya atau secara tiba-tiba, padahal sebelumnya aplikasi tidak dihapus atau mungkin baru saja selesai didownload.


Dalam beberapa kasus lainnya tidak jarang juga pengguna mendapati bahwa hanya icon aplikasi saja yang menghilang, aplikasi masih tetap ada, tetapi iconnya tidak ada atau berubah menjadi warna putih bergaris (broken / blank icon).

Namun tidak perlu khawatir, biasanya masalah-masalah tersebut dapat ditangani dengan cukup mudah, kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara mengatasinya berikut ini.

Restart iPhone

Biasanya, jika masalah hanya diakibatkan oleh Bug atau kesalahan pada iOS, maka solusi paling ampuh untuk mengatasinya yakni cukup dengan merestart iPhone atau mematikan iPhone kemudian menyalakannya kembali.

Atau, kalian juga bisa menggunakan metode Restart Paksa (Force Restart) untuk merestart iPhone secara paksa dan cepat.

Khusus iPhone 8, 8 Plus, X, XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro, SE 2020, 12, 12 Mini, 12 Pro atau lebih baru

  1. Tekan tombol Volume Atas lalu lepas.
  2. Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas.
  3. Tekan dan Tahan terus tombol Power / Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

Khusus iPhone 7 dan 7 Plus

  1. Posisikan jari kalian di tombol Power / Lock dan tombol Volume Bawah.
  2. Kemudain Tekan dan Tahan terus kedua tombol tersebut hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

Khusus iPhone 6S, 6S Plus, SE 2016, 6, 6 Plus, 5S, atau lebih lama

  1. Posisikan jari kalian di tombol Power / Lock dan tombol Home.
  2. Kemudian Tekan dan Tahan terus kedua tombol tersebut hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

Setelah restart, silakan cek kembali aplikasi yang hilang atau bermasalah apakah berhasil ditemukan dan normal kembali atau tidak. Jika tidak, lanjutkan cara di bawah berikut.

Cek di Perpustakaan App (App Library) / Pencarian

Apple memperkenalkan fitur App Library (Perpustakaan App) melalui iOS 14 yang mana seluruh aplikasi yang ada di iPhone diurutkan berdasarkan kategorinya, jadi selain icon aplikasi yang ada di home screen pengguna juga bisa mengakses aplikasi tersebut melalui App Library 

Nah, dengan adanya App Libarary ini pengguna dapat menghapus icon aplikasi dari home screen dan mengaksesnya hanya melalui App Library ataupun melalui menu pencarian. Selain itu pengguna juga dapat mengatur aplikasi yang didownload agar hanya tampil di App Library saja alih-alih muncul juga di home screen.

Untuk itu, coba cek apakah aplikasi yang hilang tersebut masih ada di iPhone atau sudah benar-benar hilang. Caranya coba buka Pencarian iPhone kemudian masukan nama aplikasi yang hilang atau coba temukan melalui App Library (pada halaman paling kanan di home screen).


Jika ditemukan, maka kemungkinan aplikasi tersebut tidak sengaja terhapus dari home screen (tidak benar-benar terhapus) silakan tap dan tahan pada icon aplikasi untuk memindahkannya kembali ke home screen, namun jika masih tidak ada juga langsung saja lanjutkan cara-cara di bawah berikut.

Cek Pembatasan App yang Diizinkan

Pengguna dapat menyembunyikan aplikasi bawaan iPhone secara total dengan menerapkan pembatasan aplikasi yang diizinkan atau pembatasan konten. Untuk mengatasinya silakan: 

1. Buka aplikasi Pengaturan > Durasi Layar (Screen Time) > Pembatasan Konten & Privasi


2. Lalu masuk lagi ke menu Pembatasan Konten > App


3. Jika sudah silakan pilih menu Izinkan Semua App dan lihat hasilnya


Jika cara-cara di atas masih tidak juga membuahkan hasil atau aplikasi yang hilang merupakan aplikasi bawaan iPhone seperti Mail, Safari, Kamera, FaceTime, dll. coba masuk ke Pengaturan > Durasi Layar (Screen Time) >  Pembatasan Konten & Privasi > App yang Diizinkan, apabila aplikasi yang hilang tersebut izinnya dicabut, silakan nyalakan kembali dan lihat hasilnya.


Jika ragu ada aplikasi yang izinnya belum diatur agar muncul, kalian dapat menonaktifkan total untuk sementara fitur Pembatasan Konten & Privasi melalui Pengaturan > Durasi Layar (Screen Time) lalu langsung saja nonaktifkan menu Pembatasan Konten & Privasi. Jika sudah, lihat kembali hasilnya.


Apabila cara-cara ini tidak juga membuahkan hasil, langsung saja cek solusi selanjutnya di bawah berikut.

Cek Melalui App Store dan Pengaturan

Untuk mengetahui kemungkinan aplikasi tidak benar-benar terhapus coba cari aplikasi melalui App Store, apabila ditemukan dan masih dalam keadaan terinstall silakan buka aplikasi tersebut dan lihat hasilnya. Apabila dalam status tidak terinstall (diminta untuk download ulang), ada kemungkinan aplikasi telah terhapus sebelumnya.

Selain itu cek juga keberadaan aplikasi yang hilang melalui Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPhone.

Nonaktifkan "Keluarkan Tak Terpakai" atau "Offload Unused Apps"

Keluarkan Tak Terpakai atau Offload Unused Apps merupakan fitur pada iPhone yang secara otomatis menghapus aplikasi yang jarang atau sudah tidak digunakan lagi, namun data-data atau dokumen didalamnya tetap akan tersimpan.

Untuk mengatur (mengaktifkan / menonaktifkan) fitur ini kalian dapat masuk ke aplikasi Pengaturan > App Store.

Nah, ada kemungkinan aplikasi yang hilang tersebut sebenarnya telah dikeluarkan karena jarang terpakai. Meskipun seharusnya icon aplikasi masih tetap ada, namun ada kemungkinan aplikasi tersebut peredarannya telah dihapus dari App Store.

Cek Sisa Kapasitas / Ruang Penyimpanan

Meskipun seharusnya aplikasi yang telah terinstall tidak hilang ada kemungkinan hal ini bisa juga diakibatkan oleh ruang penyimpanan yang hampir penuh, disarankan untuk cek sisa ruang penyimpanan yang masih tersedia.

Usahakan untuk menyisakan ruang penyimpanan yang akan digunakan oleh aplikasi untuk menyimpan data-datanya.

Ubah Wilayah / Region iPhone

Beberapa aplikasi bawaan iPhone memang secara tidak tersedia untuk wilayah (region) tertentu, sebagai contoh aplikasi News yang secara bawaan muncul jika memilih wilayah seperti Amerika Serikat.

Bagi yang ingin mencoba mengubah Wilayah / Region iPhone silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Bahasa & Wilayah > Wilayah.

Update ke iOS versi Terbaru

Untuk mencegah adanya Bug pada versi iOS yang kalian gunakan, disarankan untuk mencoba mengupdate ke iOS versi terbaru (apabila tersedia) melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Baik, itu saja informasi cara-cara mengatasi aplikasi iPhone yang Hilang sendiri yang dapat Admin bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan, atau mungkin ada yang punya solusi lain? langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. :)