Cara Setting APN / Personal Hotspot 3 (Tri / Three) di iPhone dan iPad

APN atau Access Point Name, merupakan konfigurasi yang akan digunakan oleh operator jaringan seluler untuk mengidentifikasi atau menentukan jaringan pada suatu perangkat. APN bisa dikatakan juga sebagai pintu gerbang (gateway) yang menghubungkan antara pengaturan internet di perangkat dengan jaringan operator seluler.


Salah satu fungsi mengapa harus mengatur APN adalah untuk mengaktifkan beberapa fitur yang berhubungan dengan jaringan, misalnya saja Personal Hotspot / Hotspot Pribadi pada iPhone dan iPad. Personal Hotspot sendiri merupakan fitur yang digunakan untuk membagikan internet dari iPhone ke perangkat lainnya melalui sambungan WiFi, Kabel, maupun Bluetooth.

Nah, khusus pada postingan kali ini Admin akan membagikan tutorial cara mengatur APN 3 (Tri / Three) bagi pengguna iPhone dan iPad, terkhusus juga bagi yang ingin mengatur Personal Hotspot.

Cara Setting APN / Personal Hotspot 3 (Tri / Three) di iPhone dan iPad

1. Pertama buka aplikasi Pengaturan iPhone / iPad

2. Lalu masuk ke dalam menu Seluler > Jaringan Data Seluler

3. Selanjutnya silakan masukan pengaturan APN 3 (Tri / Three) pada kolom APN yang ada, khususnya pada menu Hotspot Pribadi

Masukan / ketikan APN berikut ke dalam seluruh kolom APN yang tersedia: 

3gprs

Untuk informasi APN selengkapnya cek disini atau kalian bisa mencoba menghubungi provider / operator seluler yang digunakan.

Nama Pengguna, Kata Sandi, dan lain sebagainya tidak perlu diisi, berikut contohnya:


4. Jika sudah, untuk menyegarkan kembali jaringan silakan restart jaringan dengan cara mengaktifkan Mode Pesawat (Airplane Mode) kemudian menonaktifkannya kembali.


5. Untuk menu Personal Hotspot atau Hotspot Pribadi dapat kalian temukan pada menu utama aplikasi Pengaturan.


Apabila menu Personal Hotspot masih belum muncul, silakan coba tutup aplikasi Pengaturan iPhone kemudian buka kembali, jika masih belum muncul juga coba restart iPhone.

Baik, itu saja informasi cara setting APN / Personal Hotspot untuk Operator Seluler 3 (Tri / Three) di iPhone dan iPad. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.