Penyebab iPhone Cepat Panas dan Boros Baterai Saat Video Call

Tidak sedikit pengguna iPhone yang melaporkan bahwa iPhone mereka menjadi sangat cepat panas saat sedang melakukan panggilan Video Call, selain itu baterai juga ikut terdampak menjadi lebih boros dan cepat habis.


Lalu apa hal yang menyebabkannya dan bagaimana solusi untuk mengatasinya?

Penyebab iPhone Cepat Panas dan Boros Baterai Saat Video Call

Ketika panggilan Video Call berlangsung iPhone akan mentransmisikan video dan suara sekaligus secara realtime, sehingga data internet yang dibutuhkan jadi meningkat. Buruknya koneksi internet khususnya untuk jaringan data seluler menyebabkan iPhone bekerja ekstra keras untuk menstabilkannya, sehingga tidak jarang menyebabkan iPhone menjadi cepat panas dan boros baterai.

Selain internet, Kamera untuk menangkap gambar dan Mikrofon untuk menangkap suara akan terus menerus bekerja secara bersamaan selama panggilan Video Call berlangsung, sehingga akan semakin menambah beban kinerja iPhone.

Tidak sampai disitu, selama panggilan Video Call seringkali pengguna juga meningkatkan kecerahan layar bahkan hingga ke titik maksimal. Kecerahan layar yang tinggi menjadi salah satu penyebab utama iPhone yang cepat panas, terutama pada area layar. Panas berlebih dapat menjadi indikator penggunaan daya baterai yang tinggi.

Disisi lain seperti melakukan panggilan Video Call ketika iPhone dicas, suhu sekitar yang panas, kesehatan baterai iPhone yang buruk, hingga iPhone yang terpapar sinar matahari langsung saat melakukan panggilan Video Call, juga merupakan faktor utama iPhone cepat panas dan boros baterai saat panggilan Video Call.

Jika disimpulkan berikut adalah faktor-faktor yang dapat menjadi penyebab iPhone cepat panas saat melakukan panggilan Video Call.

  • Koneksi data seluler yang tidak stabil atau sedang buruk
  • Menggunakan kecerahan layar yang tinggi atau terlalu terang
  • Melakukan panggilan Video Call sambil mengisi daya iPhone
  • Melakukan panggilan Video Call di bawah panasnya sinar matahari
  • Suhu sekitar yang panas atau kurang teraliri udara segar
  • Kesehatan Baterai yang sudah menurun jauh

Selain faktor-faktor di atas, model dan generasi iPhone juga sangat berpengaruh, semakin baru generasi iPhone semakin tinggi performa dan kinerjanya sehingga faktor-faktor di atas tidak terlalu memberikan dampak yang signifikan.

Solusi Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas dan Boros Baterai saat Panggilan Video Call

Berikut adalah beberapa hal yang dapat diperhatian untuk emgnatasi iPhone yang cepat panas dan boros baterai saat melakukan panggilan Video Call.

  • Pastikan jaringan seluler stabil atau gunakan jaringan internet dari WiFi
  • Kurangi kecerahan layar iPhone
  • Pastikan iPhone teraliri udara segar
  • Sebisa mungkin hindari iPhone terpapar panasnya sinar matahari dalam waktu yang lama
  • Sebisa mungkin hindari juga melakukan panggilan Video Call sambil mengisi daya iPhone
  • Selama panggilan Video Call berlangsung lepas case iPhone apabila memungkinkan
  • Tutup aplikasi lainnya yang berjalan di latar belakang
  • Gunakan Mode Daya Rendah pada Baterai

Sebagai tambahan, pertimbangkan juga untuk me-restart iPhone apabila iPhone sudah terlalu panas dan update ke iOS versi terbaru yang tersedia saat ini. Apabila menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan panggilan Video Call, update juga aplikasi tersebut ke versi terbaru melalui App Store apabila tersedia.

Baik, itu saja informasi soal penyebab dan cara memperbaiki iPhone yang cepat panas saat melakukan panggilan Video Call. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan, atau mungkin ada yang punya tips lainnya? langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.