iPhone Tidak Bisa Hotspot? Berikut Cara Mengatasinya

Hotspot (Personal Hotspot) atau Hotspot Pribadi merupakan fitur pada iPhone yang digunakan untuk membagikan jaringan internet ke perangkat/hp/smartphone lainnya, entah itu melalui sambungan WiFi, Bluetooth, atau Kabel USB.

Namun, tidak sedikit pertanyaan yang Admin temukan dari banyak pengguna soal fitur Hotspot yang tidak tersedia di iPhone mereka. Nah, maka dari itu pada postingan kali ini Admin akan menjelaskan masalah tersebut dan cara-cara agar iPhone bisa menggunakan Hotspot.

Kenapa iPhone Saya Tidak Bisa Hotspot?


Pada umumnya pengguna iPhone yang tidak dapat menemukan menu Hotspot (Personal Hotspot/Hotspot Pribadi) di aplikasi Pengaturan, belum mengatur pengaturan APN untuk Jaringan Seluler.

APN atau Access Point Name merupakan konfigurasi yang akan digunakan oleh operator jaringan seluler untuk mengidentifikasi atau menentukan jaringan pada suatu perangkat. APN bisa dikatakan juga sebagai pintu gerbang (gateway) yang menghubungkan antara pengaturan internet di perangkat dengan jaringan operator seluler.

Nah, untuk dapat menggunakan fitur Hotspot, pengguna iPhone perlu memasukkan pengaturan APN sesuai dengan operator jaringan seluler yang digunakan. Untuk mengatur APN terbilang sangatlah mudah, cepat, dan dapat dilakukan sendiri. Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya di bawah berikut ini.

Cara Mengatur APN agar iPhone Bisa Hotspot

Cara ini berlaku di hampir semua iPhone seperti iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE Gen-1, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone Xr, iPhone Xs, iPhone Xs Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE Gen-2, iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, dan lain sebagainya.

Sebelum melanjutkan disarankan untuk mengupdate ke iOS versi terbaru yang tersedia. Namun, tidak juga tidak masalah. :)

1. Pertama buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Seluler (Cellular) > Jaringan Data Seluler (Cellular Data Network)

Pada tahap ini pastikan menu Data Seluler (Cellular Data) sudah dalam keadaan aktif.


3. Sekarang silakan masukan informasi APN pada seluruh kolom APN yang tersedia

Sebagai contoh, bagi pengguna Telkomsel silakan masukan "telkomsel" (tanpa tanda petik ya) pada seluruh kolom APN yang tersedia. Sedangkan untuk kolom Nama Pengguna, Kata sandi dan lain sebagainya tidak perlu diisi.


Berikut daftar nama APN untuk semua operator, dan ingat masukan APN berikut ke seluruh kolom APN yang ada di pengaturan APN iPhone, khususnya menu APN untuk Hotspot Pribadi/Personal Hotspot agar fitur Hotspot dapat digunakan/muncul.

  • Telkomsel, masukan APN: telkomsel
  • Indosat, masukan APN: indosatgprs
  • XL, masukan APN: internet
  • Smartfren, masukan APN: smartfren4g
  • Axis, masukan APN: axis
  • Tri, masukan APN: 3gprs
  • By.u, masukan APN: byu

4. Jika sudah selesai silakan kembali ke menu utama aplikasi Pengaturan iPhone, kemudian nyalakan menu Mode Pesawat (Airplane Mode) lalu tunggu sekitar 5 detik dan matikan kembali menu Mode Pesawat tersebut.

5. Selesai.

Sebagai Informasi Tambahan, apabila menu Personal Hotspot belum juga muncul silakan tutup aplikasi Pengaturan kemudian buka kembali. Apabila masih belum juga muncul, coba restart iPhone (matikan kemudian nyalakan kembali).

Menu Personal Hotspot dapat kalian temukan di dalam halaman utama aplikasi Pengaturan, tepatnya di bawah menu Seluler.


Bagaimana apakah sekarang iPhone kalian sudah bisa menggunakan Hotspot?

Baik, itu saja informasi dan jawaban seputar iPhone yang tidak bisa Hotspot serta cara-cara mengaturnya. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, jangan ragu, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.