Muncul Pesan 'It is detected that the charging interface is wet' di Android?

Mendapatkan notifikasi atau pesan "It is detected that the charging interface is wet" di hp/smartphone Android kalian?

Jika ya, maka pesan tersebut mengindikasikan bahwa lubang charger hp dalam keadaan basah atau kemasukan air.


Apabila sebelumnya kalian menyadari bahwa memang hp tersebut baru saja tercebur atau ketumpahan air atau mungkin basah akibat terkena air hujan, maka ada beberapa hal penting yang segera harus kalian lakukan untuk mencegah kemungkinan hp menjadi rusak akibat kemasukan air.

Mengatasi Pesan "It is detected that the charging interface is wet"

Apabila sebelumnya hp/smartphone Android kalian baru saja terkena air, maka langkah awal untuk mencegah kerusakan adalah dengan menonaktifkan/mematikan hp tersebut.

Jika sudah, langkah selanjutnya silakan keluarkan air dari dalam lubang/port charger dengan mengikuti beberapa metode berikut:

  • Keringkan hp dengan handuk/kain halus dan pastikan lubang/port charger hp tetap dalam posisi menghadap ke bawah agar air dapat mengalir keluar
  • Goyang-goyangkan hp dengan lubang/port charger menghadap ke bawah hingga sisa air yang masih menumpuk dapat keluar dengan mudah
  • Gunakan kapas kecil (misalnya Cotton Buds) atau kertas halus untuk membantu mengeringkan lubang/port charger
  • Apabila air dalam lubang/port charger dirasa sudah cukup mengering, pastikan kembali dengan menunggu port/lubang charger hingga benar-benar kering (bisa dibantu menggunakan semburan angin dari kipas)

Disarankan untuk tidak menghubungkan hp ke pengisian daya hingga lubang/port charger benar-benar kering (tunggu hingga kurang lebih 12 - 24 jam).

Bila sudah yakin lubang/port charger telah kering, silakan nyalakan kembali hp dan pastikan pesan di atas sudah hilang sebelum menghubungkan kembali ke pengisian daya.

Namun jika pesan masih belum hilang, tunggu hingga beberapa saat lagi dan pastikan kembali bahwa lubang/port charger telah benar-benar kering.

Bug pada Sistem

Selain karena terkena cairan, pesan tersebut tidak menutup kemungkinan diakibatkan juga oleh bug atau kesalahan pada sistem. Untuk memperbaikinya, silakan restart hp atau update ke sistem operasi terbaru apabila tersedia.

Cek juga apakah ada aksesoris tertentu yang jika dihubungkan dapat menyebabkan pesan tersebut muncul.

Baik, itu saja informasi cara mengatasi pesan "It is detected that the charging interface is wet" di hp/smartphone Android. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.