Mengapa Layar iPhone 13 Jadi Lebih Kuning? Berikut Cara Mengatasinya

Apakah warna layar iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, atau iPhone 13 Pro Max kalian menjadi lebih kuning? jika ya, maka tidak perlu khawatir hal ini dapat dengan sangat mudah diatasi.

Layar iPhone yang menjadi lebih kuning biasanya disebabkan oleh fitur pada iPhone, salah satunya yakni Night Shift atau True Tone.


Nah, untuk mengatasinya langsung saja ikuti cara-cara yang ada di bawah berikut.

Nonaktifkan Fitur Night Shift

Night Shift adalah salah satu fitur pada iPhone yang digunakan untuk mengubah warna layar menjadi lebih hangat (warm), yakni menjadi lebih kuning. Tujuannya adalah untuk membantu mata pengguna agar menjadi lebih rileks saat menatap layar (mengurangi paparan cahaya biru).

Menurut Apple fitur ini juga dapat membantu pengguna untuk tidur lebih nyenyak di malam hari.

Untuk memeriksa apakah layar iPhone menjadi kuning diakibatkan oleh fitur Night Shift ini, silakan buka aplikasi Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Night Shift.

Jika sudah silakan matikan menu "Aktifkan Secara Manual Hingga Esok" atau "Terjadwal" untuk menonaktifkan fitur Night Shift.


Nonaktifkan Fitur True Tone

True Tone merupakan fitur yang berfungsi untuk mengubah suhu warna maupun intensitas kecerahan, menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan di sekitar iPhone.

Namun begitu, terkadang fitur True Tone juga dapat mengubah tampilan layar iPhone menjadi sedikit lebih kuning (warm). Untuk mengatasinya kalian dapat mencoba menonaktifkan fitur True Tone melalui aplikasi Pengaturan > Tampilan & Kecerahan lalu nonaktifkan menu True Tone dan lihat hasilnya.


Pastikan Filter Warna dalam Keadaan Mati

Di iPhone terdapat fitur yang dapat digunakan untuk mengubah atau memfilter warna layar. Pastikan fitur Filter Warna pada iPhone kalian tidak dalam keadaan aktif ya, untuk melakukan pengecekan silakan buka aplikasi Pengaturan > Aksesbilitas > Layar & Ukuran Teks > Filter Warna.

Restart iPhone

Apabila cara-cara di atas tidak ada yang membuahkan hasil, kalian bisa mencoba merestart iPhone, sederhananya dengan cara mematikan iPhone kemudian menyalakannya kembali.

Atau silakan gunakan metode Force Restart berikut:

(lakukan dengan tempo perpindahan tombol yang agak cepat)

Cara Force Restart iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max

  1. Segera Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
  2. Segera Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
  3. Terakhir, segera tekan tombol Lock hingga iPhone menampilkan Logo Apple

Reset Pengaturan iPhone

Apabila cara-cara di atas belum juga memperbaiki layar iPhone yang menguning, pertimbangkan untuk mencoba mereset Pengaturan iPhone.

Caranya buka aplikasi Pengaturan lalu masuk ke menu Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan kemudian pilih menu Atur Ulang Pengaturan.


Solusi Terakhir

Apakah sudah berhasil? admin harap seperti itu ya, namun jika layar iPhone kalian masih juga berwarna kuning langkah terakhir yang mungkin dapat kalian coba lakukan sendiri adalah dengan mengupdate iOS pada iPhone ke versi terbaru yang tersedia melalui Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke service center Apple Authorized di Indonesia untuk dicek penyebab dan solusi untuk mengatasinya.

Oke, itu saja informasi cara mengatasi warna layar iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max yang menguning atau menjadi lebih kuning. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.