Apakah iPhone 8, 8 Plus, dan X Masih Layak? Sampai Kapan?

iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X adalah 3 model iPhone berbeda dalam satu generasi yang dirilis oleh Apple pada Tahun 2017 yang lalu.

Mengingat usianya yang sudah cukup tua, tidak sedikit pengguna yang mempertanyakan kelayakan serta sampai kapan atau sampai berapa tahun lagi iPhone 8, iPhone 8 Plus, atau iPhone X dapat dipakai atau bertahan?

iPhone 8, 8 Plus, dan X Apakah Masih Layak?


iPhone masih dapat dikatakan layak atau worth it digunakan apabila usia, performa, serta baterainya masih mampu menjalankan aplikasi atau iOS generasi terbaru dengan baik.


Umumnya 3 Tahun usia iPhone adalah batas maksimal yang disarankan apabila tujuannya untuk menggunakan iPhone tersebut dalam jangka yang panjang atau sebagai HP utama. Sedangkan tidak disarankan lagi apabila usianya sudah lebih dari 5 Tahun.

Lalu bagaimana untuk iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X? apakah masih layak saat ini?

1. Desain

Dibalut dengan desain iPhone lama, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus memiliki tampilan yang lebih modern serta elegan. Hingga saat ini Apple masih merilis iPhone dengan desain tersebut melalui iPhone SE 2.

Sedangkan iPhone X telah menggunakan desain layar penuh dengan panel OLED sama seperti iPhone terbaru lainnya, sebut saja iPhone XS, 11 Pro, 12, bahkan 13 yang tentu terlihat lebih modern.

Ketiga desain iPhone di atas bisa dikatakan masih sangat layak digunakan untuk waktu yang cukup lama, terlebih untuk iPhone X.

2. Performa

iPhone 8, 8 Plus, dan X memiliki performa yang sama yakni sama-sama ditenagai oleh Chipset Apple A11 Bionic. Untuk performanya sendiri sampai tahun 2022 ini masih dikatakan cukup kencang.

Namun, seiring berjalannya waktu terutama untuk memenuhi kebutuhan aplikasi sampai generasi iOS terbaru yang semakin berat, sepertinya status kencang pada iPhone 8, 8 Plus, dan X tidak akan bertahan terlalu lama lagi.

3. Kamera

Untuk kualitas kamera ketiga iPhone di atas masih dapat bersaing ketat dengan iPhone terbaru saat ini, khususnya untuk iPhone 8 Plus dan iPhone X yang telah dibekali dua buah kamera.

Sayangnya untuk fitur pada kamera tentu tidak bisa diharapkan lebih. Night Mode, Ultra Wide, Depth Control, dll., hanya bisa ditemukan melalui iPhone 11 atau lebih baru.

4. Baterai

iPhone X dan iPhone 8 Plus tercatat memiliki daya tahan baterai yang lebih baik dari iPhone 8 biasa.

Namun, akibat semakin tingginya kebutuhan kinerja aplikasi ataupun iOS generasi terbaru, penggunaan baterai akan semakin terasa boros. Selain itu rendahnya Battery Health juga akan semakin memperparahnya.

Hal inilah yang perlu dicatat apabila ingin menggunakan iPhone tersebut dalam jangka waktu yang lama apalagi sebagai HP utama.


5. Fitur Lainnya

Beberapa fitur terbaru yang dirilis oleh Apple melalui iOS versi terbaru sepertinya semakin mengesampingkan iPhone 8, 8 Plus, dan X karena performa dan kemampuan hardwarenya yang terbatas.

Sebut saja seperti fitur Live Text yang membutuhkan setidaknya iPhone XR atau lebih baru.

Sedangkan untuk kualitas fungsi lainnya seperti suara speaker, kejernihan mikrofon, serta kualitas tampilan layar, ketiganya masih sangat berkualitas dan layak saat ini.

iPhone 8, 8 Plus, dan X Bisa Dipakai Sampai Kapan?


Di Tahun 2022 atau 2023 mungkin iPhone 8, 8 Plus, dan X masih cukup layak digunakan sebagai HP utama selagi kondisinya masih benar-benar bagus namun tidak untuk jangka yang terlalu panjang atau penggunaan yang berat, mengingat performa dan daya tahan baterainya yang semakin tergerus usia.

Sedangkan di Tahun 2024 atau lebih lama, ketiga iPhone ini sudah tidak disarankan lagi untuk mulai dijadikan sebagai HP utama. Tak terkecuali kalian akan menggunakannya untuk kebutuhan yang tidak terlalu berat atau sebagai HP sampingan saja.

Jadi, ketiga iPhone ini menurut pendapat Admin pribadi masih bisa dipakai dengan layak sampai Tahun 2023 dan 2024 atau sebagai HP sampingan saja jika lebih lama dari itu.

Penutup...

Jika memungkinkan Admin sendiri menyarankan iPhone yang setidaknya berusia 3 Tahun sejak dirilis. Tujuannya tentu saja agar iPhone tersebut bisa digunakan jangka panjang dan masih dapat bersaing dengan iPhone terbaru atau HP lainnya.