Cara Menghilangkan Tanda Panah di Samping Jam iPhone

Pernahkah kalian menemukan icon Tanda Panah yang terletak di status bar iPhone, tepatnya di samping jam? apa arti dari tanda tersebut dan bagaimana cara menghilangkannya?

Arti Tanda Panah di Samping Jam iPhone (Status Bar)

Tanda panah seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah berikut, merupakan pertanda bahwa iPhone sedang menggunakan GPS atau layanan lokasi.

Terdapat tiga jenis icon tanda panah dengan bentuk berbeda, yakni panah kosong dengan garis putih di sisinya, panah dengan tanda lingkaran biru, dan panah dengan warna putih penuh.


  • Panah kosong dengan Garis Putih di sisinya menandakan bahwa salah satu item dapat menerima lokasi kalian dengan syarat tertentu.
  • Panah dengan lingkaran biru menandakan bahwa aplikasi sedang meminta menggunakan akses lokasi iPhone
  • Sedangkan panah dengan warna putih penuh menandakan bahwa aplikasi sedang menggunakan lokasi iPhone

Cara Menghilangkan Icon Tanda Panah di Samping Jam iPhone

Untuk menonaktifkan icon tanda panah tersebut, silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi > Layanan Sistem kemudian matikan menu Ikon Bar Status.


Seketika, icon tanda panah akan menghilang dari status bar iPhone.

Penutup...

Kehadiran icon tanda panah tersebut cocok bagi kalian yang ingin memantau secara langsung aplikasi yang sedang menggunakan atau meminta akses lokasi iPhone. Namun, bagi yang tidak menyukainya, kalian tentu bisa menghilangkannya dengan sangat mudah.

Tetapi kalian tidak perlu khawatir, sebab kalian masih dapat melihat secara langsung aplikasi atau layanan apa saja yang baru-baru ini menggunakan lokasi iPhone. Tepatnya melalui Pengaturan > Privasi > layanan Lokasi kemudian cek bagian samping nama aplikasi atau layanan yang baru-baru ini menggunakan layanan lokasi, akan muncul juga icon tanda panah sebagai indikator.