Cara Mengatasi iPad yang Tidak Ada Suaranya

Beberapa pengguna iPad mengeluhkan bahwa iPad mereka tidak ada suaranya atau tidak mengeluarkan suara terutama suara dalam aplikasi atau game.


Nah, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-cara untuk mengatasinya. Kalau begitu, tanpa banyak berbasa-basi lagi langsung saja cek cara-caranya berikut ini.

Pastikan Volume Sudah Dibesarkan

Terlihat sepele, namun sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya, pastikan terlebih dahulu volume di iPad kalian sudah dalam keadaan dibesarkan.

Kalian dapat membesarkan volume iPad melalui tombol atau control center.

Pastikan Suara iPad Tidak Di-Silent/Mute

Hal ini juga tergolong sepele namun jarang disadari oleh pengguna. Yakni dengan aktifnya mode Silent/Mute (Mode Hening) maka iPad tidak akan mengeluarkan suara entah dalam game atau aplikasi. Tak terkecuali untuk media seperti musik atau video.

Jadi, untuk mengatasinya pastikan mode Silent/Mute tidak dalam keadaan aktif atau silakan matikan dengan mengikuti langkah berikut:

1. Buka Control Center iPad

2. Kemudian matikan mode Silent/Mute (Mode Hening) melalui icon "Lonceng"

3. Jika sudah silakan cek kembali hasilnya



Restart iPad

Selanjutnya coba "Restart" iPad kalian atau sederhananya silakan dimatikan kemudian nyalakan kembali.

Apabila berhasil maka ada kemungkinan sebelumnya bahwa hilangnya suara diakibatkan oleh bug pada sistem.

Update ke iPadOS versi Terbaru

Apabila cara-cara di atas tidak juga berhasil mengembalikan suara iPad, coba update sistem operasi iPadOS pada iPhone ke versi terbaru yang tersedia saat ini. Caranya:

1. Buka aplikasi Pengaturan

2. Kemudian masuk ke menu Umum > Pembaruan Perangkat Lunak

3. Apabila tersedia, silakan download dan install update terbaru yang tersedia

Cek kembali hasilnya setelah update selesai. Namun, jika tidak tersedia update coba lanjutkan cara di bawah selanjutnya.

Reset Pengaturan iPad

Cara-cara di atas masih belum membuahkan hasil? pertimbangkan untuk me-reset pengaturan iPad.

Me-reset pengaturan iPad tidak akan menghapus data-data pribadi seperti aplikasi, foto, video, kontak, catatan, dll. Caranya:

1. Buka aplikasi Pengaturan

2. Kemudian masuk ke menu Umum > Transfer atau Atur Ulang iPad > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan

3. Setelah selesai, silakan cek kembali hasilnya.

Reset Total iPad

Apabila memungkinkan kalian juga dapat mencoba me-reset iPad secara total (seluruh data-data akan dihapus). Namun, jadikan hal ini cara terakhir yang bisa kalian coba.

Untuk melakukannya silakan:

1. Buka aplikasi Pengaturan

2. Kemudian masuk ke menu Umum > Transfer atau Atur Ulang iPad > Hapus Konten & Pengaturan

3. Setelah selesai, silakan atur iPad seperti baru kembali dan cek hasilnya.

Solusi Terakhir...

Jika cara-cara di atas tidak ada satupun yang berhasil memperbaiki iPad kalian yang kehilangan suaranya, ada kemungkinan besar bahwa masalah disebabkan oleh komponen yang berhubungan dengan speaker, khususnya apabila memang suara iPad tidak mau muncul sama sekali bahkan saat memutar musik atau video.

Solusinya, disarankan untuk membawa iPad tersebut ke authorized service center Apple atau jasa layanan perbaikan terpercaya lainnya. Apabila masih dalam masa garansi, sebaiknya silakan digaransikan.

Oke, itu saja informasi cara mengatasi iPad yang tidak ada suaranya. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!