iPhone Tidak Bisa Bluetooth ke HP Lain/Android?

Salah satu cara mudah mengirim file adalah dengan melalui sambungan Bluetooth. Namun sayangnya, akan ada banyak kesulitan saat mengirim file antar pengguna iPhone dan Android atau HP dengan sistem operasi lainnya.


iPhone Tidak Bisa Bluetooth ke HP Lain/Android?

Ya sejak awal dirilis iPhone sendiri memang dirancang untuk tidak bisa mengirim file melalui bluetooth ke HP lain seperti Android. Dengan kata lain, Apple memang tidak mengizinkan iPhone mengirim maupun menerima file antar sistem operasi lainnya melalui sambungan Bluetooth.

Dengan bantuan Bluetooth dan WiFi tepatnya melalui fitur AirDrop, Pengguna iPhone hanya bisa mentransfer file antar sesama pengguna iPhone saja maupun perangkat buatan Apple lainnya seperti iPad, iPod touch, dan Mac.

Mengapa? entah apa alasan Apple merancangnya demikian, namun sepertinya faktor keamanan, kompatibilitas, atau desain dari sistem operasi iOS itu sendiri yang menjadi salah satu alasannya.

Solusi Transfer file dari iPhone ke HP Android dan Sebaliknya

Tergantung file apa yang akan kalian kirim, solusinya kalian bisa menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga seperti "ShareIt".

Apabila hanya ingin sekedar mengirim foto atau dokumen berukuran kecil kalian dapat memanfaatkan aplikasi sosial media, chat, hingga email.

Sedangkan apabila ingin mengirim file dalam jumlah yang besar kalian bisa menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga, layanan Cloud seperti Google Drive, atau melalui komputer.

Penutup...

Saat ini transfer file melalui bluetooth popularitasnya semakin berkurang digantikan aplikasi pihak ketiga yang dapat melakukan transfer file besar antar sistem operasi dalam waktu yang singkat.

Namun begitu bluetooth sendiri masih menawarkan kemudahan dalam transfer file. Meski sayangnya, tidak diperuntukan untuk pengguna iPhone ke platform di luar perangkat buatan Apple atau sebaliknya.