Status Jailbreak iOS/iPadOS 15.6 untuk iPhone dan iPad

Apple kembali merilis update iOS/iPadOS 15.6 yang membawa sejumlah perbaikan bug serta keamanan.

Tidak banyak fitur baru yang dihadirkan mengingat iOS 16 akan segera dirilis dalam waktu beberapa bulan lagi.


Nah, bagi pengguna iPhone dan iPad yang menginginkan akses jailbreak, tidak disarankan untuk menginstall update tersebut.

Namun, bagi yang sudah menginstallnya. Apakah iOS/iPadOS 15.6 sudah bisa di-jailbreak?

Status Jailbreak iOS/iPadOS 15.6 untuk iPhone dan iPad

Saat ini postingan ini ditulis jailbreak untuk iOS/iPadOS 15.6 statusnya masih belum tersedia.

Satu-satunya akses jailbreak yang (segera) tersedia di iOS 15, yakni jailbreak untuk iOS 15.0 hingga iOS 15.1.1 melalui aplikasi Cheyote.

Sulitnya menembus keamanan yang terus diperbaiki dan ditingkatkan oleh Apple membuat akses jailbreak ke iOS 15 semakin sulit didapatkan.

Selain itu, menurunnya minat pengguna utnuk mendapatkan akses jailbreak di perangkat mereka, juga menjadi salah satu alasan mengapa saat ini banyak developer yang mulai tidak tertarik menekuni jailbreak.

Tunggu Jailbreak atau Update?

Jika kalian benar-benar mau bersabar menunggu, tidak menutup kemungkinan untuk ke depannya akses jailbreak untuk iOS/iPadOS 15.6 akan tersedia.

Sampai kapan? setidaknya diperkirakan sekitar 6 bulan hingga 1 tahun ke depan.

Di sisi lain, ada kemungkinan aplikasi "Checkra1n" segera mengumumkan dan merilis dukungan untuk iOS 15 (yang diharapkan termasuk iOS 15.6) dalam waktu dekat.

Namun, berita sedikit lebih baik ini hanya hadir bagi pengguna iPhone 6S hingga iPhone X saja sesuai dukungan dari aplikasi Checkra1n.

Nah, apabila kalian sudah tidak bersabar lagi. iOS 16 menawarkan beragam fitur baru serta kostumisasi yang tidak kalah dengan yang ditawarkan oleh akses jailbreak. Jadi, kalian bisa mempertimbangkan untuk melupakan jailbreak dan langsung update ke iOS versi terbaru.

Alternatif lainnya kalian bisa mempersiapkan iPhone Cadangan (second phone) untuk tetap bertahan di iOS 15 dan menunggu ketersediaan jailbreak dirilis.