Apakah Aplikasi Bawaan iPhone Boleh Dihapus?

Mungkin banyak di antara kalian yang tidak pernah sama sekali menggunakan salah satu aplikasi bawaan iPhone, dan ingin menghapusnya saja.

Namun, apakah aplikasi bawaan iPhone boleh dihapus? apakah menghapus aplikasi bawaan iPhone aman dan tidak menyebabkan masalah apapun?

Berikut informasi selengkapnya untuk kalian.

Apakah Aplikasi Bawaan iPhone Boleh Dihapus?


Tentu saja kalian boleh menghapus aplikasi bawaan iPhone maupun iPad dengan aman, selagi terdapat pilihan untuk menghapusnya.

Aplikasi bawaan yang sudah dihapus tersebut sama sekali tidak akan menimbulkan masalah apapun pada iPhone.

Jadi, tidak perlu khawatir ya apabila kalian ingin menghapus aplikasi bawaan iPhone. Sebab, Apple sendirilah yang mengizinkannya.

Di sisi lain, salah satu keuntungan menghapus aplikasi bawaan iPhone yakni akan sedikit meringankan beban kinerja iPhone serta ruang penyimpanannya.

Apa Saja Aplikasi Bawaan iPhone yang Tidak Bisa Dihapus?


Terdapat beberapa aplikasi bawaan iPhone yang tidak bisa dihapus. Sebab, menghapusnya tentu saja akan mengganggu fungsi utama dari iPhone.

Aplikasi yang tidak dapat dihapus tersebut contohnya seperti Pengaturan, Kamera, Foto, App Store, dan Dompet.

Sedangkan bagi yang menginstall iOS versi Beta atau Percobaan, kalian tidak bisa menghapus aplikasi Feedback yang muncul tak terkecuali kembali ke iOS versi publik/official.

Di luar itu, kalian bisa menghapus seluruh aplikasi yang diinginkan.

Bagaimana Cara Mengembalikan Aplikasi iPhone yang Terhapus?


Mudah sekali, kalian tidak perlu me-reset iPhone untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus, yang kalian perlukan hanyalah men-download kembali aplikasi tersebut dari App Store.

Bagaimana caranya? kalian cukup mencari aplikasi yang akan dikembalikan tersebut melalui App Store (pastikan developernya 'Apple'), atau langsung cek melalui link berikut: https://apps.apple.com/us/developer/apple/id284417353

Penutup...

Nah, bagaimana menurut kalian?

Sebenarnya seiring waktu Apple kian banyak mengizinkan aplikasi bawaan iPhone untuk dihapus. Sebagai contoh, iPhone dengan iOS 15 atau lebih lama tidak diizinkan untuk menghapus aplikasi Kesehatan. Namun di iOS 16, aplikasi Kesehatan sudah dapat dihapus.