Penyebab iPhone 11, 12, 13, 14 Panas Saat Dicharge dan Cara Mengatasinya

Cukup banyak pengguna yang mengeluhkan jika iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max, iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, atau iPhone 14 Pro Max yang mereka gunakan panas saat dicharge/dicas.

Lalu, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

1. Menggunakan Fast Charging atau Wireless Charging


Fast Charging atau Pengisian Daya Cepat merupakan fitur yang digunakan untuk mengisi daya baterai iPhone dengan cepat.

Selain itu ada juga Wireless Charging yaitu pengisian daya dengan medan elektromagnetik (tanpa kabel) dengan meletakkan iPhone di atas wadah/pad.

Namun, kekurangan dari kedua metode charger tersebut yakni iPhone akan menghasilkan panas berlebih ketika sedang dicharge. Tetapi ingat, sebenarnya hal ini sangatlah normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Nah, bagi yang khawatir, pencegahannya yakni dengan tidak memainkan iPhone selama proses pengisian daya berlangsung, melepas case iPhone, hingga mengarahkan kipas ke iPhone yang sedang dicharge tersebut.

2. Menggunakan iPhone Selama Dicharge


Menggunakan iPhone secara berlebihan ketika sedang dicharge, apalagi menggunakan fast charging, akan membuat iPhone menjadi sangat panas dari biasanya.

Untuk mencegah hal ini terjadi, sebisa mungkin untuk tidak memainkan iPhone secara berlebihan ketika sedang dicharge.

Namun, untuk beragam alasan, bagi yang terpaksa ingin menggunakan iPhone apalagi untuk bermain game sambil dicharge, bisa melakukannya ketika baterai telah menyentuh angka 80% atau lebih tinggi.

Sebab Fast Charging akan melambat atau berhenti setelah menyentuh kisaran angka tersebut.

3. Meletakkan iPhone di Area yang Panas


Apabila kalian meletakkan iPhone di area yang panas dan tidak teraliri udara segar, maka bukan tidak mungkin iPhone akan menjadi sangat panas saat dicharge.

Solusinya kalian dapat menaruh iPhone di area yang teraliri udara segar untuk menekan panas berlebihan tersebut atau melepas case iPhone.

Ingat! hindari menaruh iPhone di bawah terik sinar matahari langsung, entah itu saat dicharge apalagi sedang tidak dicharge.

4. Aktivitas Latar Belakang iPhone


Tidak jarang, ketika sedang dicharge iPhone mulai melakukan aktivitas latar belakang yang menggunakan banyak daya dan kinerja iPhone.

Misalnya update aplikasi otomatis, menginstall update iOS, backup data, dll., sehingga aktivitas ini akan membuat iPhone menjadi lebih panas lagi.

Solusinya, adalah dengan membiarkan iPhone tersebut menangani tugasnya hingga selesai dan pastikan untuk tidak memainkan iPhone selama proses tersebut berlangsung.

5. Kualitas Charger yang Buruk


Meski jarang terjadi, mungkin saja kualitas charger yang kalian gunakan tergolong buruk sehingga membebani kinerja pengatur daya atau baterai iPhone.

Jadi, pastikan untuk selalu menggunakan charger maupun power bank yang asli atau berkualitas ya.

Cara Mendinginkan iPhone Selama Dicharge!

Sebenarnya, panas berlebih atau mungkin bisa dikatakan "Hangat" ketika iPhone sedang dicharge adalah hal yang normal. Terutama apabila kalian menggunakan Fast Charger atau Wireless Charger.

Namun, bagi yang merasa khawatir, kalian bisa mengikuti beberapa cara berikut untuk mendinginkan iPhone selama dicharge:

  • Sebisa mungkin jangan menggunakan iPhone selama dicharge.
  • Letakan iPhone di tempat yang teraliri udara segar.
  • Lepas case iPhone.
  • Pastikan charger yang digunakan berkualitas.
  • Aktifkan "Mode Daya Rendah" untuk mengurangi aktivitas iPhone selama dicharge.
  • Rutin update ke iOS versi terbaru yang tersedia.

Apabila masih terasa sangat panas ketika dicharge, kalian bisa mencoba mempertimbangkan untuk beralih menggunakan charger kabel standar 5W yang bukan Fast Charger.

Penutup...

Pada dasarnya, seluruh jajaran iPhone 11, iPhone 12, iPhone 13, dan iPhone 14 adalah iPhone yang sudah mendukung fitur fast charging dan dibekali kabel USB-C dalam paket pembeliannya.

Seperti yang umum diketahui bahwa kabel USB-C saat ini kebanyakan hanya kompatibel dengan adaptor atau kepala charger dengan fitur Fast Charging. Sehingga banyak pengguna jajaran iPhone tersebut yang akhirnya mengeluhkan iPhone panas ketika dicharge.

Padahal, Fast Charging memang akan menghasilkan panas berlebih dan hal ini sangatlah normal.