Persiapan Penting Sebelum Update ke iOS 16

Ada beberapa hal penting yang perlu kalian persiapkan sebelum update ke iOS 16. Hal ini untuk memastikan bahwa proses update berjalan dengan lancar tanpa menimbulkan masalah nantinya.

Sebab, tidak sedikit keluhan dari pengguna yang menyatakan bahwa proses update tidak jarang terhenti, muncul error, bahkan menyebabkan iPhone tidak bisa booting atau stuck di logo Apple.

Nah, untuk mencegah masalah tersebut agar tidak terjadi, langsung saja ikuti tips di bawah berikut ini.

Persiapan Penting Sebelum Update ke iOS 16


1. Sambungkan iPhone ke Pengisian Daya (Dicas)

Untuk menghindari iPhone kehabisan daya saat menginstall update yang mana dapat menimbulkan sistem corrupt. Disarankan untuk menghubungkan iPhone ke pengisian daya selama proses download dan install update berlangsung.

2. Siapkan WiFi atau Jaringan 5G

Untuk men-download update iOS 16 dibutuhkan koneksi WiFi atau setidaknya jaringan 5G bagi yang ingin menggunkan data seluler.

3. Sisakan Ruang Penyimpanan

iPhone tidak bisa menginstall update apabila ruang penyimpanan di iPhone kalian tidak mencukupi. Untuk mengatasinya pastikan iPhone memiliki ruang kosong sebesar 2 kali ukuran update, disarankan setidaknya 8GB.

4. Jangan Memainkan iPhone Selama Proses Update Berlangsung

Agar proses update berjalan dengan lancar, disarankan untuk tidak memainkan iPhone terlebih dahulu saat proses download dan install update berlangsung.

5. Backup Data-Data Penting untuk Berjaga-Jaga

Meskipun teramat sangat jarang kasus iPhone yang mengalami masalah saat menginstall update, namun ada baiknya untuk membackup terlebih dahulu data-data penting di iPhone kalian untuk berjaga-jaga saja.

Berapa Lama Proses Update iOS 16?

Pertama-tama iPhone akan men-download terlebih dahulu file update iOS 16. Nah, lama atau tidaknya tergantung kecepatan internet yang kalian gunakan.

Sedangkan untuk proses installnya sendiri biasanya berlangsung antara 30 menit hingga sekitar 1 jam.

Apabila internet tergolong kencang, proses update ke iOS 16 mungkin hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja.

iPhone Jadi Panas Setelah Update?

Sangat wajar iPhone menjadi sedikit lebih panas setelah update, biasanya efek panas ini akan berangsur-angsur menghilang dalam beberapa hari ke depan.

Hal ini umumnya disebabkan oleh iPhone yang mulai melakukan penyesuaian dengan sistem baru yang ada di iOS 16.

Tidak Mau Update iOS 16?

Bagi kalian yang tidak mau update ke iOS 16, Apple memberikan pilihan untuk menginstall iOS 15.7.


Namun, tentu kalian disarankan untuk menginstall iOS 16 demi menikmati beragam fitur baru. Selain itu beberapa aplikasi ke depannya mungkin hanya mendukung iPhone yang telah menggunakan iOS 16 dan lebih baru saja.