Apa Arti dan Maksud Dynamic Island di iPhone?

Saat ini istilah "Dynamic Island" sedang hangat diperbincangkan khususnya untuk iPhone, sebab istilah ini memang diperkenalkan dan dipopulerkan pertama kali oleh Apple melalui iPhone terbarunya.

Nah, cukup banyak pengguna yang bertanya-tanya, "apa itu Dynamic Island?" atau "apa arti atau maksud dari Dynamic Island di iPhone?".

Jika begitu, langsung saja simak informasinya berikut ini.

Apa Arti dan Maksud Dynamic Island di iPhone?

Dynamic Island adalah nama dari model layar terbaru yang diperkenalkan oleh Apple melalui iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Yakni sebuah area kecil berbentuk pill yang terletak di bagian atas layar yang menjadi tempat kamera serta beragam sensor seperti Face ID.

Contohnya, seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah berikut:


Ya, area kecil berbentuk pill tersebut disebut oleh Apple sebagai Dynamic Island atau Pulau Dinamis.

Kerennya, sistem operasi iOS pada iPhone sendiri mengoptimalkan keberadaan Dynamic Island tersebut sehingga terlihat hidup melalui beragam animasi.

Contohnya, seperti animasi saat ada notifikasi masuk, panggilan telepon, mengatur media musik, timer, dan masih banyak lagi yang lainnya.

iPhone Apa Saja yang Sudah Dynamic Island?


Saat ini iPhone yang sudah menggunakan desain Dynamic Island jumlahnya cukup terbatas, sebab desain ini masih tergoling baru.

Berikut daftar iPhone dengan Dynamic Island:

  • iPhone 14 Pro Max
  • iPhone 14 Pro

Ya, desain ini pertama kali diperkenalkan oleh Apple pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang tergolong iPhone Premium.

Di sisi lain iPhone 14 dan iPhone 14 Plus masih menggunakan desain "Notch" yakni poni dalam layar.

Untuk ke depannya, diperkirakan Apple akan segera menggantikan seluruh desain iPhone terbarunya dengan dengan desain layar Dynamic Island ini.

Dynamic Island vs Notch


Dynamic Island menawarkan pengalaman baru dalam menggunakan iPhone dengan digabungkannya notifikasi serta peringatan dalam satu area interaktif.

Di sisi lain area layar iPhone juga semakin luas karena ukuran Dynamic Island yang tergolong lebih kecil dari desain Notch.

Sedangkan Notch adalah tampilan layar berponi yang pertama kali diperkenalkan melalui iPhone X dan terus dipakai oleh jajaran iPhone XR, iPhone XS, iPhone 11, iPhone 12, iPhone 13, dan iPhone 14 (non Pro).

Meskipun memiliki keunikannya tersendiri, desain layar berponi bisa dibilang sudah terlihat usang akibat kehadiran Dynamic Island.

Penutup...

Bagaimana, sudah kenal dan tahu arti dari Dynamic Island di iPhone?

Saat ini layar Dynamic Island hanya dimiliki oleh iPhone saja. Meski begitu, untuk ke depannya bukan tidak mungkin akan cukup banyak smartphone dari vendor lainnya yang menjiplaknya.

Sebagai informasi, desain yang mirip pernah diperkenalkan juga oleh Samsung melalui Samsung Galaxy S10 Plus. Hanya saja desain ini letaknya di bagian kanan layar dan tidak semenarik iPhone yang dipadukan dengan beragam animasi yang interaktif.