Cara Menggunakan Shazam di iPhone dan iPad

Shazam adalah aplikasi serta fitur bawaan iPhone yang digunakan untuk mengidentifikasi musik atau lagu melalui mikrofon.

Jadi, apabila kalian sedang mendengarkan lagu atau musik entah dari apliaksi tik tok, instagram, twitter, atau yang bersumber dari luar seperti speaker, tv, konser, radio, dan lain sebagainya, maka kalian bisa menggunakan shazam untuk menemukan judul dari lagu atau musik tersebut.

Bagaimana, keren kan?

Kalau begitu, bagi yang belum tahu langsung saja ikuti cara-cara berikut untuk menggunakan Shazam di iPhone dan iPad.

Cara Menggunakan Shazam di iPhone dan iPad


Shazam atau Pengenalan Musik ini merupakan fitur bawaan iPhone yang diakses melalui Pusat Kontrol.

Jadi, sebelum melanjutkan silakan ikuti cara-cara berikut untuk mengaktifkan fitur Shazam di iPhone dan iPad.

1. Buka aplikasi "Pengaturan" iPhone atau iPad.

2. Kemudian masuk ke menu "Pusat Kontrol".

3. Setelah itu cari dan tambahkan menu "Pengenalan Musik".


Jika sudah ditambahkan untuk mencobanya silakan putar musik atau lagu entah dari aplikasi atau yang bersumber dari luar.

Selanjutnya, buka "Pusat Kontrol" iPhone dan tap menu atau icon "Shazam (Pengenalan Musik)" contohnya seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah berikut:


Nah, seketika iPhone akan mulai mendeteksi musik atau lagu tersebut dan akan memberitahukan kepada kalian judul yang cocok.


Ingat ya! fitur ini membutuhkan koneksi internet, jadi pastikan iPhone kalian telah terhubung ke data seluler atau wifi.

Bagaimana Cara Melihat History Shazam?

Untuk melihat daftar musik atau lagu yang telah dideteksi, kalian cukup tap dan tahan pada icon Shazam (Pengenalan Musik) tersebut, dan kalian akan menemukan seluruh daftarnya.

Ingin daftar lebih rapih dan lengkap? silakan download aplikasi "Shazam" di App Store yang akan tersinkronisasi dengan fitur Shazam di Pusat Kontrol iPhone.

Penutup...

Dengan adanya fitur Shazam atau Pengenalan Musik ini, kalian bisa menemukan beragam musik atau lagu yang kalian dengar entah di aplikasi atau bersumber dari luar, dan mendengarkannya lagi entah dari spotify, youtube, atau aplikasi musik kesayangan kalian.

Oke, itu saja informasi singkat cara menggunakan Shazam di iPhone dan iPad yang dapat Admin bagikan.

Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya. Terima Kasih!