Penyebab iPhone Inter Tidak Ada Layanan atau No Service

Beberapa pengguna iPhone Inter atau Internasional melaporkan bahwa sinyal di iPhone mereka tidak berfungsi dan menampilkan pesan "Tidak Ada Layanan" atau "No Service".


Nah, perlu kalian ketahui bahwa pesan "Tidak Ada Layanan" atau "No Service" menandakan jika iPhone tidak bisa mendapatkan jaringan seluler meski kartu SIM telah terpasang.

Ada cukup banyak hal yang dapat menyebabkan masalah tersebut, namun khusus "iPhone Inter" ada satu masalah yang sering menjadi penyebab utamanya.

Apa itu?

Penyebab iPhone Inter Tidak Ada Layanan

Berikut adalah penyebab iPhone Inter mengalami masalah "Tidak Ada Layanan" atau "No Service" serta cara-cara mengatasinya.

1. Sinyal Buruk

Ketersediaan sinyal yang buruk misalnya apabila kalian sedang berada di area pegunungan, dalam gedung, atau area lainnya yang sulit mendapatkan sinyal, maka bukan tidak mungkin iPhone akan menampilkan pesan Tidak Ada Layanan.

Selain itu cuaca buruk misalnya hujan deras juga dapat menjadi penyebabnya,

Solusinya? silakan tunggu hingga cuaca membaik atau coba cari area dengan ketersediaan sinyal yang lebih baik.

2. Gangguan Sinyal

Selain masalah area dan cuaca, kemungkinan operator jaringan seluler yang kalian gunakan sedang mengalami gangguan atau perbaikan.

Untuk memastikannya, kalian bisa memeriksa ponsel lainnya yang menggunakan jaringan yang sama.

3. Pastikan Pilihan Jaringan Diatur ke Otomatis

Beberapa pengguna mungkin secara tidak sengaja telah salah memilih jaringan seluler di iPhone secara manual.

Untuk mengatasinya, pastikan Pilihan Jaringan iPhone telah diatur ke Otomatis.

Caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Seluler > Pilihan Jaringan lalu pastikan menu "Otomatis" telah aktif.


4. Bug Sistem

Di sisi lain, tidak menutup kemungkinan hal ini disebabkan juga oleh Bug atau Kesalahan pada sistem iPhone.

Untuk mengatasinya, silakan restart atau mematikan kemudian menyalakan kembali iPhone.

Apabila masih belum berhasil, coba reset pengaturan jaringan iPhone melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang lalu pilih "Atur Ulang Jaringan" atau kalian bisa mereset total pengaturan iPhone dengan memilih "Atur Ulang Pengaturan".


Selain itu coba juga untuk mengupdate sistem operasi iOS iPhone ke versi terbaru yang tersedia melalui menu Umum > Pembaruan Perangkat Lunak (gunakan WiFi).

5. Kartu SIM Bermasalah

Kartu SIM yang kendur bisa juga menjadi penyebabnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut silakan cabut kartu SIM dari iPhone, bersihkan, kemudian pasang kembali dan lihat hasilnya.

6. Kartu SIM Mati

Jika kartu yang kalian gunakan merupakan kartu lama yang sudah tidak digunakan lagi, ada kemungkinan kartu tersebut sudah mati atau telah mencapai batas masa tenggangnya.

Untuk memastikan hal ini, silakan coba ganti ke kartu SIM yang baru.

7. IMEI iPhone Diblokir

Seluruh cara-cara di atas tidak membuahkan hasil? ada kemungkinan IMEI di iPhone Inter tersebut telah terblokir.

iPhone Inter atau Internasional sendiri adalah iPhone yang dibawa dari luar negeri tanpa layanan purna jual.

Saat ini setiap iPhone yang dibawa dari luar negeri harus mendaftarkan IMEI-nya terlebih dahulu di Kemenperin (bayar pajak), agar bisa menggunakan jaringan seluler dari operator yang ada di Indonesia.

Untuk mengetahui apakah IMEI di iPhone kalian te silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Mengenai di iPhone kalian, kemudian salin IMEI iPhone tersebut dan cek apakah sudah terdaftar atau belum di sini: https://imei.kemenperin.go.id


Jika belum, maka kalian mungkin perlu untuk segera mendaftarkan IMEI tersebut. Salah satu caranya yakni melalui situs https://www.beacukai.go.id/.

8. Merupakan iPhone Bundling

iPhone Bundling adalah iPhone yang telah terikat kontrak dengan operator jaringan seluler tertentu, sehingga iPhone hanya dapat menggunakan jaringan seluler dari operator tersebut saja.

Nah, ada kemungkinan iPhone yang kalian gunakan merupakan iPhone Bundling.

Untuk mengetahuinya, silakan cek pada aplikasi Pengaturan > Umum > Mengenai kemudian cek pada menu "Kunci Operator".

Apabila terdapat nama operator di sana, berarti operator tersebutlah yang mengunci jaringan di iPhone kalian.

Namun, jika menampilkan "Tidak ada pembatasan SIM" itu berarti iPhone kalian bukan iPhone Bundling dan penyebab datang dari masalah lainnya.


9. Merupakan iPhone Bypass Jaringan

iPhone yang jaringannya terkunci (iPhone Bundling) kemudian dibuka secara paksa agar bisa berfungsi untuk menggunakan jaringan dari operator lainnya, disebut sebagai iPhone Bypass Jaringan.

Salah satu kekurangan utama dari proses bypass jaringan ini yakni risiko dapat terkunci kembali entah karena pengguna melanggar larangan seperti update ke iOS terbaru, me-reset pengaturan iPhone, atau memang terjadi secara tiba-tiba.

Untuk mengatasinya terdapat dua pilihan pertama melakukan proses bypass lagi, atau mencoba membukannya secara resmi melalui operator jaringan seluler yang mengunci jaringan di iPhone tersebut.

10. iPhone Rusak

Jika seluruh cara di atas sudah dicoba, terutama sudah coba diganti ke sim baru, imei ternyata terdaftar, bukan merupakan iPhone bundling, dengan kartu SIM yang sama bisa mendapatkan sinyal bagus di ponsel lainnya, sudah coba update iOS, serta sudah coba juga di reset pengaturan jaringan bahkan pengaturan total.

Maka ada kemungkinan masalah datang dari kerusakan pada salah satu komponen di iPhone itu sendiri.

Untuk mengatasinya silakan digaransikan jika masih dalam masa garansi. Jika tidak, disarankan untuk membawa iPhone ke layanan perbaikan authorized Apple atau yang terpercaya lainnya.

Penutup...

Nah, bagaimana apakah sudah tau penyebab iPhone Inter tidak ada layanan atau no service? apakah sudah berhasil kalian perbaiki sendiri?

Oke, itu saja informasi yang dapat Admin bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan, atau mungkin ada yang mau menambahkan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya! terima kasih.