Cara Menghemat Baterai Apple Watch

Baterai di Apple Watch kalian cepat habis? jika begitu, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara ampuh untuk menghemat baterai Apple Watch yang boros.


Pada dasarnya, mungkin memang cukup banyak pengguna yang menemukan jika baterai Apple Watch mereka hanya bertahan selama kurang dari 1 hari, meski sebenarnya hal ini cukup normal.

Mengapa? sebab Apple Watch akan terus aktif untuk mendeteksi beragam aktivitas yang kalian lakukan. Misalnya seperti mendeteksi detak jantung, langkah kaki, saturasi oksigen, tingkat kebisingan/bunyi di sekitar, pergerakan tangan, suhu tubuh, dll.

Nah, untuk mengatasinya, sebenarnya sangat mudah. Bagaimana caranya?

Aktifkan Mode Daya Rendah

Cara paling ampuh untuk menghemat baterai Apple Watch adalah dengan mengaktifkan fitur "Mode Daya Rendah".

Fitur ini akan menonaktifkan sementara beragam aktivitas sensor Apple Watch seperti pendeteksian detak jantung, oksigen, layar selalu nyala (always-on display), membatasi aktivitas WiFi, menunda pemberitahuan, dll.

Untuk mengaktifkan fitur "Mode Daya Rendah" di Apple Watch langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

1. Masuk ke aplikasi atau tampilan Jam.

2. Kemudian buka Control Center dengan mengusap bagian bawah layar Apple Watch ke arah atas.

3. Jika sudah, silakan tap pada menu Persentase Baterai seperti yang ditunjukkan gambar di bawah berikut:


4. Setelah itu, aktifkan menu "Mode Daya Rendah" lalu usap ke bawah dan pilih "Nyalakan".


Setelah diaktifkan, akan muncul icon berbentuk lingkaran di status bar (area atas) Apple Watch yang menandakan "Mode Daya Rendah" dalam keadaan aktif.

Dengan mengaktifkan "Mode Daya Rendah" penggunaan baterai iPhone dapat bertahan hingga hitungan hari.

Cek Kesehatan Baterai

Apabila baterai Apple Watch tetap terasa boros bahkan hanya bertahan selama beberapa jam saja padahal "Mode Daya Rendah" sudah diaktifkan, coba silakan cek Kesehatan Baterai di Apple Watch kalian.

Berikut cara-caranya:

1. Buka aplikasi "Pengaturan" Apple Watch.

2. Lalu masuk ke menu "Baterai".

3. Jika sudah, pilih menu Kesehatan Baterai dan usap ke bawah untuk melihat angka kesehatan baterai/kapasitas maksimum.


Umumnya kesehatan baterai yang baik yakni berada di atas 80%. Sedangkan untuk Apple Watch mungkin angka tersebut bisa sedikit lebih rendah.

Namun, apabila Kesehatan Baterai Apple Watch telah menurun hingga di bawah 70%, ada baiknya untuk segera melakukan penggantian baterai Apple Watch ke yang baru.

Penutup...

Nah, bagaimana? seharusnya cukup dengan mengaktifkan "Mode Daya Rendah" maka daya tahan baterai di Apple Watch kalian dapat bertahan hingga hitungan hari.

Dari pengalaman Admin sendiri "Mode Daya Rendah" mampu mempertahankan baterai Apple Watch hingga kurang lebih 4 sampai 5 hari tergantung juga seberapa sering Apple Watch diaktifkan, serta model Apple Watch yang digunakan.