Arti dari 18N dan 19N dalam Game Point Blank

Didalam permainan game Point Blank Online atau disingkat juga PB banyak sekali istilah-istilah yang digunakan oleh para pemainnya Troopers, istilah-istilah ini merujuk pada suatu maksud yang disingkat agar lebih mudah ditulis dan dimengerti oleh para pemain lainnya.

Istilah 18N dan 19N

Dalam game Point Blank kalian akan sering menemukan istilah 18N dan 19N yang terdapat pada judul room, sebenarnya apa sih maksud dari 18N atau 19N ini? kenapa kalian sering dikick saat masuk ke room dengan judul tersebut?


Istilah ini merupakan sebuah peraturan / rules yang dibuat oleh para pemain yang bertujuan memberikan aturan berupa pembatasan dalam penggunaan senjata yang boleh digunakan didalam room, jadi jika senjata yang kalian gunakan tidak sesuai maka biasanya akan langsung dikick oleh Room Master.

Untuk room dengan judul rules 18N merujuk pada pembatasan senjata sesuai peraturan yang terdapat pada Turnamen Point Blank pada Tahun 2018, begitu juga dengan istilah 19N yang merujuk pada peraturan pembatasan penggunaan senjata sesuai dengan peraturan turnamen pada Tahun 2019.

Lalu senjata apa saja yang diperbolehkan dalam rules 18N dan 19N?

Untuk rules 18N berikut peraturan senjata yang boleh digunakan yang dikutip dari berita turnamen Point Blank.

Arti Rules 18N

Senjata yang diperbolehkan ( 18N )


Map yang diperbolehkan ( 18N )


Item yang diperbolehkan ( 18N )


Karakter yang diperbolehkan ( 18N )



Arti Rules 19N

Senjata dan Item yang diperbolehkan ( 19N )


Map yang diperbolehkan ( 19N )


Karakter yang diperbolehkan ( 19N )


Untuk melihat rules dan regulasi lengkap dari masing-masing turnamen silakan klik link dibawah:

> Rules 19N
> Rules 18N

Bagaimana sekarang sudah tau kan apa maksud dari room dengan judul 18N dan 19N? sama seperti kalian, saya pun kebingungan waktu pertama kali memainkan game pb setelah lama pensiun dan menemukan banyak sekali room dengan judul rules 18 dan 19N pada server Expert ( publik kalau malam hari ), saya coba spam chat ke troopers lain tanya sana-sini dari room ke room akhirnya ada troopers yang menjawab singkat kalau 18 dan 19 N itu adalah sebuah rules turnamen sesuai dengan tahun.

Dan ya benar sekali angka 18 dan 19 menandakan tahun dan huruf N menandakan turnameN? jadi untuk tahun 2020 = 20N, 2021 = 21N, 2022 = 22N dan seterusnya, sampai diubah lagi nama singkatannya oleh para sesepuh PB.

Jangan lupa bookmark untuk info-info seputar PointBlank lainnya!