Cara Jailbreak iOS 12.0 - 12.5.5 Menggunakan Chimera

Chimera adalah tools Jailbreak yang dirilis oleh Electra Team yang dikhususkan untuk melakukan jailbreak jajaran iOS 12, hingga saat ini aplikasi Chimera sudah mendukung jailbreak mulai dari iOS 12.0 hingga 12.5.5, bahkan sudah mendukung beberapa perangkat Apple terbaru seperti iPhone Xs, Xr dan Xs Max.


Tidak ada Cydia Melainkan Sileo

Seperti yang kita ketahui Electra Team sendiri mulai mengganti eksistensi aplikasi Cydia dengan menggunakan aplikasi Package Manager buatannya sendiri yaitu "Sileo", jadi saat melakukan jailbreak menggunakan Chimera kalian tidak akan melihat aplikasi Cydia terinstall melainkan aplikasi Sileo besutan Electra Team.

Chimera Jailbreak iOS 12.0 - 12.5.5

Untuk tools Jailbreak Chimera sendiri sudah full support untuk seluruh perangkat mulai dari iOS 12.0 hingga 12.5.5 untuk pengguna iPhone 5S sampai iPhone X.

Sedangkan khusus pengguna iPhone XS, XR dan XS Max hanya support dari iOS 12.0 sampai 12.1.2. (silakan baca keterangan website Chimera untuk update lebih lanjut).

Tools Chimera ini berstatus Semi-Untethered yang artinya setelah lewat dari 7 hari tools yang diinstall secara otomatis akan expired dan butuh diinstall kembali, namun untuk jailbreaknya sendiri akan tetap aktif dengan syarat perangkat tidak direstart atau matikan.

Seperti biasa sebelum melanjutkan silakan backup terlebih dahulu data-data penting pada perangkat kalian untuk menghindari hal-hal tidak terduga yang berakhir restore ke iOS terbaru dan kehilangan data, jika sudah langsung saja ikuti cara berikut untuk jailbreak menggunakan Chimera :

Update 28/01/21: Unc0ver rilis dukungan jailbreak untuk iOS 12.4.9 - 12.5.1, selengkapnya: Cara Jailbreak iOS 14 - iOS 14.3 untuk iPhone 6S - iPhone 12

Jailbreak iOS 12 Menggunakan Chimera

1. Silakan download dulu tools Chimera melalui link berikut DOWNLOAD Chimera via Chimera.sh

Update! aplikasi Cydia Impactor sedang bermasalah, silakan gunakan penggantinya yaitu "Sideloadly", selengkapnya: Cara Install IPA Menggunakan Sideloadly, Aplikasi Mirip Cydia Impactor

2. Sekarang sideload/install tools Chimera menggunakan Cydia Impactor (sideloadly) ke dalam perangkat yang ingin dijailbreak, caranya :

  • Pastikan kalian memiliki koneksi internet antara komputer atau laptop dan perangkat yang ingin dijailbreak
  • Pastikan juga iTunes sudah terinstall di komputer atau laptop kalian
  • Kemudian download Cydia Impactor melalui link berikut : Download
  • Sambungkan perangkat kalian menggunakan kabel data ke komputer
  • Buka aplikasi Cydia Impactor, kemudian seret file tools Chimera ke dalam Cydia Impactor


  • Kemudian masukkan email dan password apple id kalian (buat yang baru saja jika ragu)
  • Tunggu hingga proses instalasi selesai


  • Jika sudah Complete sekarang buka perangkat/iPhone lalu buka menu Pengaturan > Umum > Profil atau Manajemen Profil & Perangkat kemudian pilih menu profil yang muncul sesuai dengan nama email yang kalian masukan pada cydia impactor tadi
  • Kemudian pilih Trust atau percayakan profil tersebut

Untuk cara lengkap menggunakan cydia impactor silakan baca: Cara Install Aplikasi .IPA Menggunakan Cydia Impactor

3. Setelah selesai buka tools Chimera, sebelum menekan tombol Jailbreak, gunakan cara berikut untuk meningkatkan kesuksesan saat jailbreak

  • Restart perangkat kalian dan tunggu hingga 1 - 2 menit
  • Nyalakan Airplane Mode
  • Matikan Mode Hemat Daya jika menyala
  • Matikan juga Location Service jika menyala
  • Kalau perlu log out iCloud atau Find My iPhone pada iCloud

5. Setelah itu tekan tombol jailbreak, tunggu hingga prosesnya selesai.

Jika disuruh untuk restart (reboot required) silakan tap OK saja kemudian lanjutkan dengan menunggu proses jailbreak, ulangi proses jailbreak jika gagal, beri jeda sekitar 1 - 2 menit sebelum mencoba ulang.

Oke sekian postingan kali ini, jika terdapat kesalahan atau kesulitan pada saat proses jailbreak silakan tinggalkan pertanyaan kalian melalui kolom komentar di bawah, Terima Kasih!