Cara Paling Ampuh Mengatasi Lag Dan Meningkatkan Performa Emulator Dolphin di Android

Emulator Dolphin adalah emulator yang berfungsi untuk menjalankan berbagai macam game konsol Nintendo Gamecube dan Wii, emulator ini dapat di jalankan di berbagai macam platform termasuk Android.


Beratnya Performa Dolphin Emulator Android

Menjadi sebuah tantangan terbaru bagi performa smartphone Android karena emulator Dolphin ini bisa di bilang cukup berat untuk di jalankan, tidak sedikit pengguna Smartphone Android yang tidak dapat menjalankan Emulator Dolphin ini, bahkan kalaupun bisa Lagnya kelewat parah, saya sendiripun sudah mencoba menggunakan smartphone Android terbaru dengan Chipset Snapdragon 855 untuk menjalankan berbagai macam game pada emulator Dolphin di Android ini dan hasilnya saya hanya mendapatkan framerate di bawah 15 dan tentu saja sangat lag dan tidak playable.

Dolphin MMJ

Tapi ajaibnya saya menemukan custom build Dolphin yang di kembangkan oleh Weihuoya, custom build Dolphin ini di sebut sebagai Dolphin MMJ yang di racik khusus untuk pengguna Android.

Lalu apa kelebihan Dolphin MMJ ini? kelebihannya yaitu meningkatkan performa emulator dolphin di Android hingga 500% dan hal ini sudah saya buktikan sendiri, dari yang tadinya di bawah 15 fps menjadi 50-60fps, saya sendiripun awalnya tidak percaya tapi memang begitu kenyataannya, penasaran bagaimana caranya?

Cara Install Dolphin MMJ

#1 : Download Custom Build Dolphin MMJ terbaru melalui link berikut :

DOWNLOAD Dolphin MMJ via GitHub

Cara Download : Saat di website GitHub klik pada menu Assets kemudian pilih salah satu APKnya atau bisa coba satu-per-satu mana yang kira-kira memberikan performa terbaik



#2 : Setelah di download hapus dulu emulator dolphinnya yang lama kemudian Install APK Dolphin MMJ yang baru saja kalian download

#3 : Sekarang coba mainkan game-gamenya lagi dan lihat hasilnya!


screenshot di atas di ambil dari smartphone Android saya yang di tenagai Snapdragon 855 setting 2x internal resolution.

Masih rada Lag?

Jika masih sedikit lag pastikan kalian menggunakan settingan resolusi Internal 1x ya, kalau tidak lag baru boleh di naikan ke 2x, untuk cara mengatur resolusi internal ikuti langkah pada gambar di bawah berikut :


Oke sekian dulu postingan kali ini jika ada pertanyaan atau ada yang ingin di sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!