Untuk Keamanan Pengguna Jailbreak Wajib Ganti Password Root

Setiap perangkat iOS yang sudah di Jailbreak pasti memiliki potensi lemahnya keamanan, salah satunya adalah akses terhadap file root, dengan melakukan jailbreak pada perangkat iOS, itu artinya perangkat kalian sudah memiliki akses penuh terhadap seluruh file dalam perangkat itu sendiri ( file root / system ).


Ancaman Keamanan Perangkat Jailbreak

File root ini dapat dengan mudah di akses orang lain ( hacker ) menggunakan SSH, apalagi kalian berada pada jaringan wifi publik yang sama, karena setiap perangkat iOS yang sudah di jailbreak memiliki password untuk akses root yang sama, passwordnya yaitu alpine, password ini dapat di gunakan oleh orang yang tidak betanggung jawab untuk memasuki file root pada perangkat iOS manapun yang sudah di jailbreak, dengan syarat password tersebut belum di ganti.

Nah bagi kalian pengguna iOS jailbreak entah itu pengguna iPhone, iPad dan iPod, kalian wajib mengganti password root melalui SSH, bagaimana cara gantinya? langsung saja ikuti caranya berikut ini :

Cara ubah Password Root via SSH

#1 : Buka aplikasi Cydia / Sileo kemudian pilih Sources > Edit > Add dan tambahkan repo berikut

repo.chariz.io

Jika sudah pilih Add Source dan Confirm lalu tunggu hingga proses penambahannya selesai.

#2 : Masih di aplikasi Cydia / Sileo, sekarang masuk ke menu Sources kemudian cari dan pilih menu Chariz > All Packages > NewTerm 2 kemudian pilih Modify > Install atau Install kemudian pilih lagi Confirm dan tunggu hingga proses instalasi selesai


#3 : Setelah instalasi selesai silahkan buka aplikasi NewTerm 2, setelah itu masukkan kata su contohnya bisa kalian ikuti dan lihat gambar di bawah


#4 : Setelah itu pilih tombol Kembali pada keyboard, kemudian akan muncul menu password sekarang ketikkan alpine ( password memang tidak terlihat di layar saat di ketikkan tapi tenang saja sudah terinput kok )


#5 : Setelah itu pilih tombol Kembali lagi, jika sukses kalian akan melihat menu /var/mobile root#,


#6 : Sekarang ketikkan lagi passwd dan tekan tombol Kembali pada keyboard


#7 : Dan sekarang masukkan password baru yang kalian inginkan kalau bisa yang mudah kalian ingat dan di catat juga, oh ya password yang kalian ketikkan tidak akan muncul pada layar untuk alasan keamanan tetapi tenang saja ketikkan tetap terinput kok.


#8 : Setelah selesai tekan tombol kembali pada keyboard lalu akan muncul menu Retype new password dan masukkan kembali password baru yang tadi kalian buat.


#9 : Jika berhasil maka kalian akan di arahkan kembali ke menu /var/mobile root#


Untuk melakukan tes password kalian yang baru silahkan tekan tombol X di samping menu terminal ( pojok kiri atas ) dan ulangi langkah 3 sampai 5 di atas.

Bagaimana mudah bukan? sekarang akses root kalian sudah aman dari hacker-hacker karena setiap kali SSH ingin memasukki atau mengakses file root akan membutuhkan password yang sudah kalian atur tadi.

Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat jangan lupa tinggalkan pesan atau pertanyaan kalian pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!