Apple Siapkan Hadiah Rp 14 Miliar Untuk Hacker Temukan Celah Keamanan

Apple adalah salah satu perusahaan Teknologi terbesar yang mengutamakan keamanan dan privasi penggunannya, baru-baru ini Apple akhirnya menambahkan program hadiah bagi para hacker / peneliti keamanan yang berhasil menemukan celah keamanan pada perangkat macOS, tvOS, watchOS dan iCloud.

Pada awalnya Apple hanya membayar para hacker / peneliti keamanan hanya untuk celah keamanan pada perangkat iOS iPhone, iPad dan iPod saja, macOS tidak pernah di masukkan ke dalam daftar hadiah.

Apple telah menyiapkan uang sekitar ' $ 1.000.000 ' satu juta dollar atau lebih dari 14 miliar Rupiah, yang akan di berikan sebagai hadiah kepada siapa saja yang berhasil menemukan celah keamanan " zero click full chain kernel code execution ".


Apple kini meningkatkan hadiah maksimum celah keamanan untuk iOS, macOS, tvOS, watchOS dan iCloud dari yang sebelumnya hanya sebesar ' $ 200.000 ' atau sekitar 2.8 miliar Rupiah menjadi maksimal ' $ 1.000.000 ' atau sekitar 14 miliar Rupiah.

Nominal hadiah terbesar akan di berikan kepada hacker atau peneliti keamanan yang berhasil menemukan celah yang memungkinkan untuk mengontrol perangkat di luar interaksi pengguna.

Program dengan nominal hadiah besar ini di harapkan agar dapat menarik perhatian para hacker untuk melaporkan temuannya ke Apple.

Tapi seringkali para hacker atau peneliti keamanan lebih senang menjual temuan celah keamanannya di pasar gelap dengan bayaran yang lebih tinggi.

[ Sumber : TheVerge ]