Mengenal Format IPA pada iOS iPhone dan Bukan APK

iOS adalah OS ( operating system / sistem operasi ) yang di gunakan pada perangkat buatan Apple seperti iPhone, iPad dan iPod. iOS sendiri berbeda dengan Android begitupula dengan format Aplikasinya.


Android menggunakan arsip aplikasinya sendiri yang berformat .APK begitu pula dengan iOS yang memiliki format arsipnya sendiri yaitu .IPA

.IPA sendiri adalah singkatan dari iOS App Store Package, file .IPA hanya dapat di Install pada perangkat iOS buatan Apple saja, bagi yang penasaran berikut adalah struktur dari arsip .IPA

/Payload/
/Payload/Application.app
/iTunesArtwork
/iTunesArtwork@2x
/iTunesMetadata.plist
/WatchKitSupport/WK

Kegunaan file format .IPA

Di komunitas Apple, format file .IPA sendiri sering terdapat dan di gunakan untuk :

> Menginstall Aplikasi hasil Modifikasi di luar App Store
> Menginstall Aplikasi ( tools ) untuk Jailbreak
> Menginstall Aplikasi yang berbayar di App Store
> Menginstall Emulator PPSSPP, NES, Provenance dll

Ya kira-kira fungsi file .IPA sama seperti .APKnya Android, begitu juga dalam hal pemanfaatannya.

Signed vs Unsigned .IPA

File .IPA sendiri tidak dapat di install sembarangan layaknya APK Android, pada file .IPA terdapat informasi pemilik dan account yang hanya dapat menginstall file .IPA tersebut, file .IPA jenis ini biasa di sebut Signed IPA

Ada juga file Unsigned IPA yang tidak berisi informasi kepemilikan dan dapat di install tanpa masalah, hanya saja butuh beberapa metode untuk menginstallnya.

Cara Install file .IPA

Untuk menginstall file .IPA pada perangkat iOS di butuhkan beberapa cara dan umumnya di kelompokan menjadi 2, untuk perangkat :

Non Jailbreak ( normal tanpa jailbreak ) :

Menggunakan program Cydia Impactor atau Xcode yang terdapat di komputer dan mac.

Cara lengkapnya bisa kalian lihat pada link berikut :


Jailbreak ( perangkat yang sudah di jailbreak ) :

Menggunakan tweak Appsync Unified untuk dapat menginstall file .IPA secara bebas.

Mendapatkan file .IPA

Pengguna yang mendownload aplikasi melalui iTunes biasanya akan mendapatkan file .IPA nya yang tersimpan secara otomatis, tetapi sayangnya dalam iTunes versi terbaru fitur ini sudah tidak lagi berlaku.

Tidak Permanen!

Menginstall file .IPA yang bukan milik kalian atau file .IPA Unsigned ( tidak di download melalui App Store menggunakan account sendiri ) hanya dapat bertahan 7 hari saja, kecuali kalian membeli account program developer Apple seharga 1 jutaan lebih ( dapat bertahan 1 tahun ), atau alternatif lainnya kalian bisa melakukan jailbreaking ( aplikasi bertahan dan dapat di buka selama jailbreak aktif ).

Baik sekian dulu penjelasan mengenai format file .IPA, postingan ini sebenarnya saya buat supaya kalian tahu bahwa paket installer aplikasi antara iOS dan Android itu berbeda, juga sistem dan cara menginstallnya juga jauh berbeda, antara iOS dengan OSnya yang tertutup ( closed source ) dan Android ( open source ).

Jika ada yang kurang jelas, atau ada yang ingin di sampaikan dan tanyakan silahkan tinggalkan  pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!