Cara Download dan Install Mod Arma 3 ( Senjata, Map dsb )

Pada postingan kali ini saya akan memberikan Tutorial cara menginstall Mod untuk game Arma 3, game yang satu ini merupakan game favorit saya dalam urusan simulasi perang, taktik perang, efek senjata maupun gameplaynya yang semuanya hampir menyerupai perang sungguhan.


Bagi kalian yang menyukai mode Editor pada game ini, kalian wajib menginstall Mod-Mod dari Arma 3 ini, Mod tersebut bermacam-macam ada Mod Senjata, Map, Kendaraan Tempur, Pakaian dan masih banyak lagi.

Mod ini bisa kalian dapatkan Gratis melalui berbagai macam forum, salah satu contohnya adalah ArmaHolic.com

Nah lalu bagaimana cara Download menginstall Mod tersebut? caranya sangatlahhhhhh mudah!

#1 : Pertama silahkan download dulu Modnya melalui link berikut : ArmaHolic

( untuk mendownload mod senjata, map, kendaraan, unit dll, pilih Arma 3 Addons kemudian silahkan pilih menu mod yang ada )


#2 : Setelah Mod di download silahkan ekstrak filenya kemudian kalian akan menemukan sebuah folder yang berisikan folder lagi yang berisikan misalnya folder Addons dan Key beserta beberapa file tambahan, contohnya seperti gambar di bawah

#3 : Sekarang copy folder utama hasil ekstrak tadi ( bukan folder addons dkk yang ada di dalamnya ya.. tapi sekali lagi copy folder utamanya yang berisikan folder atau file yang sudah saya contohkan seperti gambar di atas )

#4 : Sekarang pastekan ke dalam direktori Arma 3, caranya klik kanan pada ikon Arma 3 lalu pilih Open file location kemudian langsung pastekan foldernya.

( pengguna steam masuk ke direktori : C:\Program Files\Steam Games\steamapps\common\ArmA 3 atau C:\Program Files (x86)\Steam Games\steamapps\common\ArmA 3 )

#5 : Setelah di paste sekarang buka game Arma 3nya, dalam menu game sekarang pilih Options kemudian Expansions


#6 : Scroll ke bawah maka otomatis kalian akan melihat nama menu Mod yang tadi sudah kalian tambahkan, sebagai contoh disini saya menggunakan mod senjata " LAGO Biken Anti-material Rifle "


#7 : Bisa kalian lihat gambar di atas Mod tidak dalam keadaan aktif, untuk mengaktifkannya silahkan klik nama Mod kemudian klik tombol ENABLE.


#8 : Jika statusnya sudah Enable ( ada kotak putih di samping nama mod ) sekaran klik tombol OK ( di kanan bawah ) dan pilih Restart Now untuk mengaktifkan Mod


#9 : Game akan otomatis restart, dan ketika selesai silahkan masuk ke Editor dan lihat mod kalian! untuk mod senjata bisa kalian temukan pada menu Edit loadout player.


Bagaimana mudah bukan? jika mod menyebabkan masalah tinggal hapus saja folder modnya :)

Oh ya kalau tidak mau repot mengaktifkan mod lewat menu Expansions di atas, kalian bisa menggunakan cara ke 2 yaitu mengcopy isi folder mod ke dalam folder masing-masing yang ada di direktori Arma 3, cara ini tidak di sarankan karena jika mod menyebabkan game crash / error maka akan repot untuk memperbaikinya.

Sekian dulu postingan kali ini semoga bermanfaat, jika ada yang inigin di tanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!