Alasan Kenapa Harus Update / Upgrade ke iOS 13

Tepat pada hari ini 091919 Apple merilis iOS 13 ke publik, berikut adalah beberapa perangkat iPhone yang mendapatkan update iOS 13 di antaranya :

  • iPhone 6S / Plus
  • iPhone SE
  • iPhone 7 / Plus
  • iPhone 8 / Plus
  • iPhone X
  • iPhone Xr
  • iPhone Xs
  • iPhone Xs Max
  • iPhone 11, 11 Pro dan 11 Pro Max ( sudah bawaan iOS 13 )

Sudah menjadi hal yang wajar di mana setiap setahun sekali Apple mengumumkan iOS terbaru yang membawa banyak fitur-fitur menarik maupun meningkatkan fitur yang sudah ada agar menjadi lebih baik lagi dan hal ini terjadi pada iOS 13 yang baru saja di rilis.

Walaupun begitu selalu ada kekhawatiran bagi pengguna iPhone dengan usia yang sudah cukup lama untuk update ke iOS terbaru, contohnya saja takut iPhone semakin lemot, daya tahan baterai menurun, cepat panas dan lain sebagainya, sebenarnya hal ini tidak perlu terlalu di khawatirkan sebab Apple selalu berusaha untuk memaksimalkan kinerja perangkat dengan model lebih lamanya pada iOS terbaru termasuk iOS 13.

Nah berikut adalah fitur unggulan dan peningkatan terbaru dari iOS 13 yang bisa kalian pertimbangkan untuk melakukan update :

#1 : Dark Mode


Apple mulai menggunakan layar buatan Samsung ( Amoled ) pada iPhone X tahun 2017 yang lalu, layar Amoled memiliki ketajaman warna yang memukau terlebih warna hitamnya yang benar-benar hitam ( karena pixel layar tidak aktif saat berwarna hitam ), hal inilah yang menjadi alasan Apple merilis iOS 13 dengan Dark Mode ( mode gelap ), dengan mode gelap ini tampilan pada layar lebih mudah di baca mata terutama pada saat kondisi yang gelap.

#2 : Apple Arcade


Apple Arcade adalah layanan berlangganan game di App Store, kalian dapat menikmati beragam game secara gratis tanpa perlu memikirkan biaya tambahan lainnya.

#3 : Peningkatan Performa

Menurut klaim Apple, iOS 13 membawa 2x kecepatan pada saat membuka Aplikasi, 

#4 : Menurunkan Ukuran Aplikasi dan Update

Di iOS 13 App Store dengan manajemen barunya dapat memangkas ukuran update hingga 60% lebih kecil dan ukuran download aplikasi hingga 50% lebih kecil.

#5 : Face ID Lebih Cepat


Untuk pengguna iPhone X, Xr, Xs, Xs Max kalian akan merasakan 30% lebih cepat saat membuka iPhone.

#6 : QuickPath Keyboard

QuickPath adalah fitur yang di mana kalian hanya perlu menyeret jari dari huruf ke huruf untuk mengetik tanpa harus di tekan satu per satu ( swipe keyboard ).

#7 : Data Seluler Tanpa Batasan Download App Store


Ini adalah salah satu perubahan besar di mana kalian dapat mendownload aplikasi dengan ukuran berapapun melalui sambungan data seluler tanpa adanya batasan.

#8 : Mengoptimalkan Kinerja Baterai

iOS 13 dengan sistem pembelajaran mesin terbarunya mampu menambah daya tahan dan mengurangi usia degradasi Baterai

#9 : Mengubah Gaya Font

Sekarang kalian dapat mengubah gaya dan model Font pada iOS 13, Font tersedia di download melalui App Store.

#10 : Manajemen Download Safari

Safari pada iOS 13 sekarang mampu mendownload berbagai macam file layaknya di Android, semua file tersebut dapat kalian transfer ke PC dan Mac atau di kirimkan melalui Email.

#11 : Screenshot Panjang

Sekarang kalian dapat mengambil screenshot satu halaman penuh dari atas ke bawah pada browser safari, email, maps dan lain sebagainya.

#12 : Mode Hemat Data

Fitur ( low data mode ) berfungsi sebagai penghemat penggunaan data pada jaringan data seluler, mode ini menghentikan update otomatis dan backup otomatis.

#13 : Animoji dan Memoji Baru

Terdapat 3 Animoji baru dan sekarang stiker animoji atau memoji juga tersedia untuk iPhone 6S - 8

#14 : Aplikasi Foto Yang Baru


Aplikasi Foto pada iPhone memiliki banyak fitur baru seperti editing foto dan video dengan efek-efek baru dan perubahan tampilan yang jauh lebih baik.

#15 : Support Ekstensi Drive Tambahan
Sekarang iPhone memiliki manajemen Files untuk USB Drive tambahan, jadi kalian dapat membackup data kalian di manapun hanya menggunakan USB Drive yang sudah support untuk iPhone.

Untuk melihat fitur lain dari iOS 13 selengkapnya bisa kalian lihat pada laman resmi Apple :