Antutu: Skor Benchmark iOS dan Android Tidak Bisa di Bandingkan

Antutu adalah salah satu aplikasi Benchmark populer untuk platform iOS dan Android, hasil skor dari menjalankan benchmark Antutu sering di gunakan sebagai acuan kecepatan performa smartphone tertentu di bandingkan dengan smartphone lainnya.


Tetapi bagi kalian yang sering membandingkan skor antutu antara platform iOS dan Android, baru-baru ini Antutu sendiri mengeluarkan pernyataan yang menyatakan bahwa skor benchmark antutu antara iOS dan Android tidak dapat di samakan atau di bandingkan satu sama lain dalam kata lain Tidak Fair / Tidak Adil.

Kenapa bisa begitu? apa alasannya?

Menurut Antutu, yang membedakan benchmark antutu dari iOS dan Android yang pertama di dasarkan pada perbedaan Kernel dan Bahasa Pengembangan, sehingga menciptakan perbedaan 2 software dan metode percobaan yang sangat berbeda.

Perbedaan kedua selanjutnya terdapat pada API atau yang biasa di ketahui juga sebagai Antarmuka Pemrograman Aplikasi saat menjalankan test GPU / Grafik, iOS menggunakan API Metal sedangkan Android menggunakan API OpenGL ES dan API Vulkan. Meskipun skenario percobaan pada keduanya sama, mekanisme rendering dan kapasitas hardwarenya berbeda.

Dan intinya masing-masing platform entah itu Android atau iOS, mereka memiliki kapasitasnya sendiri dan di program atas dasar yang berbeda sehingga tidak dapat di samakan begitu saja, jadi mulai sekarang hal yang tepat untuk membandingkan benchmark Antutu yaitu dengan membandingkannya antar platform yang sama saja, misalnya perangkat Android dengan Android dan perangkat iOS dengan iOS.

[ Sumber : Antutu ]