Cara Memperbaiki iTunes Error 9, 4005, 4013, atau 4014 Saat Update / Restore iPhone

Jika kalian mengalami masalah Error 9, 4005, 4013, atau 4014 saat ingin merestore atau mengupdate iOS iPhone melalui iTunes di komputer dan mac kalian tidak perlu khawatir karena masalah ini dapat kalian selesaikan dengan mudah.


Sebenarnya apa penyebab dan tanda dari Error 9, 4005, 4013, atau 4014 yang muncul pada iTunes? Error ini bisa saja terjadi karena ada interupsi atau gangguan saat melakukan proses installasi atau restore iOS hal ini biasanya di karenakan iTunes tidak mengenali perangkat yang akan di restore / update.

Cara Memperbaiki Error 9, 4005, 4013 atau 4014

#1 : Pastikan kalian telah menginstall iTunes versi terbaru, jika belum silahkan download iTunes terbaru melalui link berikut : https://www.apple.com/id/itunes/

#2 : Selanjutnya silahkan tekan dan tahan tombol :

  • Seri iPhone 8, X, Xs, Xr, 11 : Tekan dan lepas dengan cepat tombol volume atas lalu volume bawah kemudian tahan tombol power / wake hingga muncul logo Apple pada layar iPhone.
  • Seri iPhone 7 : Tekan dan tahan terus tombol power / wake berbarengan dengan tombol volume bawah hingga muncul logo Apple pada layar iPhone.
  • Seri iPhone 6 dan lebih lama : Tekan dan tahan tombol power / wake berbarengan dengan tombol home hingga muncul logo Apple pada layar.

#3 : Jika sudah sambungkan kembali perangkat kalian menggunakan kabel USB

#4 : Akan muncul peringatan pada iTunes dan pilih sesuai keinginan kalian ( update atau restore )

Jika Error 9, 4005, 4013, atau 4014 Muncul Lagi

Jika error kembali muncul silahkan coba dan periksa hal-hal berikut :

  1. Restart Komputer kalian kemudian coba lagi
  2. Periksa Sambungan Internet
  3. Gunakan Kabel USB Data yang lain
  4. Install ulang iTunes
  5. Gunakan PC / Laptop yang lainnya

Baik sekian infromasi cara memperbaiki Error pada iTunes, apabila masalah masih terjadi coba jelaskan pada kolom komentar di bawah dan admin sebisa mungkin akan membantu menganalisis untuk membantu memperbaiki masalah yang kalian alami, Terima Kasih!